Selasa, 30 April 2013

CARA MEMASANG POWER SUPPLY UNIVERSAL

Power Supply (PSU) adalah bisa dikatakan rangkaian utama dalam setiap perangkat elektronika, karna tanpa PSU perangkat elektronika tidak akan bekerja dengan baik bahkan tidak bisa ON sama sekali. Kerusakan bagian PSU ini harus ditangani secara serius dan hati - hati, karna
jika tidak maka PSU tidak akan bekerja dengan baik dan sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan maka akan berakibat fatal, karna komponen atau sirkukit yang lainnya akan menjadi lemah dan rusah disebabkan tegangan lebih atau juga karna kurangnya asupan tegangan dan arus.

Ada kalanya kerusakan tidak begitu parah sehingga dengan mengganti transistor regulator nya saja sudah bisa pulih kembali, tapi ada kalanya kerusakan yang butuh ketelitian untuk mendeteksi alat yang rusak sehingga membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam memperbaikinya, jika sudah demikian itu maka aku tidak akan pusing -pusing dan tidak akan membuang -buang waktu untuk berkutik di PSU tsb. Ingat "waktu adalah uang" jadi harus kita hargai benar waktu itu!!! Aku segera putuskan untuk mengganti PSU tersebut dengan kit PSU yang sudah jadi, yang banyak dijuala ditoko dan harganya pun murah cuma Rp 22.500,00.

Yang biasanya aku gunakan adalah New Generation Of Semi-Closed Switching Power Supply Module atau lain merek cuma masih sejenis yakni yang menggunakan 3 kabel (GACUN). Mengapa aku pilih modul ini? karna, selain rangkaiannya yang sederhana dan memiliki perlindungan tegangan/arus lebih dan short circuit, juga mudah dalam memasangnya serta cepat, modul ini bekerja lebih stabil dan dapat diandalkan.
Modul ini cocok untuk memperbaiki dan mengganti swictching regulator power supply TV 34 Inc dan yang dibawah 34 Inch, monitor, VCD, DVD, DVB, mesin Fax dan lain -lain.

CARA PEMASANGAN MODUL

Bongkar TR, FET, STR swiching yang asli
Hubungkan kabel merah pada jalur Colektor
Hubungkan kabel hitam pada GND
Pastikan VR modul pada posisi minimum
Setelah semuanya kabel merah dan hitam tersambung, On-kan modul nya
Ukur tergangan out regulator, misalnya untuk TV tegangan horizontalnya 90V,110V,115V atau sesuai kebutuhan TV tersebut. Untuk VCD/DVD/DVB ukurlah tegangan 3V,5V, dan 8V. Untuk mendapatkan tegangan yang di inginkan kamu cukup mengatur VR yang ada pada modul tersebut.
Kabel biru bisa digunakan bisa juga tidak. Fungsi kabel biru adalah sebagi Switch Protect dan penstabil tegangan ouput. Jika kabel biru dihubungkan ke groud maka modul akan off. Sebaiknya kamu menasang kabel biru supaya tegangan mantap/stabil dan untuk memprotect jika ada tegangan/arus lebih dan short circuit. Namun jika kabel biru ini harus dipasang maka kamu harus pastikan komponen optocoupler dan komponen dibagian input A/K (Anoda dan Katoda) optocouplernya masih berfungsi dengan baik, karna jika tidak maka akan menambah masalah saja misalnya GACUN tidak dapat on atau tegangan out yang tidak bisa maksimal dsb.


Cara memasang kabel biru adalah sebagai berikut:

Putus semua hubungan komponen bagian outputnya (kaki 3&4)
Hubungkan kaki optocoupler no 3 (emitor) ke GND
Hubungkan kaki optocoupler no 4 (colector) ke kabel biru

Diagram Blog Pemasangan GACUN

Catatan:

Jika ada gangguan pada gambar dan suara, mungkin ada komponen yang belum tersambun terutama pada bagian kaki kolektor yaitu, R1 (22 ohm - 47 ohm/3W - 5W) dan C1 (470pf - 1000pf/1KV-2KV). Coba kamu cek solderannya atau mungkin R dan C tersebut telah rusak atau berkurang kapasitasnya, atau bahkan putus. sehingga perlu diganti.

Demikian semoga pengalamanku ini berguna bagi yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar