Monday 8 April 2013

Jenis-jenis kerusakan kulkas/lemari es

Jenis-jenis kerusakan kulkas/lemari es
1. Bocor
Kulkas yang dipergunakan untuk di rumah biasanya digunakan untuk menyimpan air minum, makanan, sayuran, buah-buahan, ikan, daging dan membuat batu es yang ukurannya relatif kecil.
Masalah yang sering timbul pada kulkas jenis ini kesalahan sendiri yaitu menusuk/menyongkel saat mengambil batu es, karna bisa-bisa tempat penyimpan es (evarator) bocor akibat tertusuk. Biasanya saat tertusuk akan keluar gas lalu minyak/oli dan suara yang keras.
Bila anda mengalami kejadian seperti diatas, usahakan jangan terlalu panik, yang harus dilakukan cabut stopkontak kulkas dan biarkan kulkas mengeluarkan gasnya. Setelah kulkas tidak lagi mengeluarkan gas, bersihkan kulkas dengan kain yang kering.

2. Mati total
Untuk jenis kerusakan ini kemungkinan jarang terjadi. Biasanya diakibatkan oleh kabel yang putus, stopkontak / digigit tikus.
3. Kulkas hidup tapi mesin mati.
Untuk kerusakan ini disebabkan termostat, overload, starting, spull mesin compresor, dan bisa juga tikus.
4. Kulkas dan mesin hidup tapi tidak dingin.
Biasanya diakibatkan ada kebocoran pada evart(tempat pembeku es), kebocoran pada condensor(letaknya bagian dinding kulkas yang dipegang panas, aliran freon(zat pendingin) tidak stabil karna tersumbat, dan yang terakhir pompa mesin compresos sudah tidak memompa lagi.
Demikianlah tentang gambaran dari jenis kerusakan pada kulkas, dan semoga menambah wawasan anda, walau bukan sebagai teknisi kulkas tapi untuk hanya sekedar informasi.

No comments:

Post a Comment