Jumat, 10 Mei 2013

skema Rangkaian Tester Flyback

Berikut ini Gambar skema Rangkaian Tester Flyback Sederhana beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian tester flyback. Ini adalah sebuah rangkaian dari skema tester flyback sederhana, saya percaya Anda bisa membuatnya, saya menggunakan rangkaian ini untuk menguji semua transformator  frekuensi tinggi seperti flyback. Rangkaian ini merupakan multivibrator astabil dengan frekuensi sekitar 90Khz,dibutuhkan tegangan kerja sekitar 12 VDC.
Rangkaian tester flyback ini digunakan untuk memeriksa dan memastikan baik atau tidaknya flyback yang kita miliki seperti flyback televisi. Jika Anda memiliki diagram flyback, skema atau rangkaian test flyback lainnya, keuntungan akan Anda dapatkan, karena akan memudahkan dan memastikan apakah trafo flyback yang Anda miliki masih layak pakai atau sudah rusak.
http://encepnurdinbogor.files.wordpress.com/2012/04/041112_1705_rangkaiante1.jpg?w=640 
Gambar Skema Rangkaian

Untuk memeriksa transformator flyback, Anda harus membalik input dan output gulungan primer flyback,  gunakan volt meter AC untuk mengukur output yang keluar dari sekunder transformator tester ini, kurang lebihnya sekitar  80-480 Volt AC.
Tegangan inilah yang digunakan dan diberikan ke input primer transformator flyback yang akan dites. Hasil tergantung spek transformator flyback.
Jika tidak ada tegangan yang keluar dari gulungan sekunder transformator flyback, maka bisa disimpulkan transformator flyback mengalami masalah atau rusak.
Anda juga dapat mengukur pin lain dari sekunder  flyback yang sedang diukur dengan langkah yang sama.
CATATAN: Hati-hati dalam mengukur dan memastikan gulungan primer dari transformator flyback tersebut. Kesalahan bisa  berakibat konsleiting atau hubung singkat. Dan ini jelas akan membahayakan flyback dan bisa berakibat fatal.
Semoga rangkaian tester flyback ini bermanfaat bagi Anda, hobbyist dan praktisi elektronika. Selamat berkarya, semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar