Monday 24 June 2013

ANTENA BUSTER TV

Booster, Preamplifier atau penguat sinyal, mungkin masyarakat sudah banyak yang kenal terutama untuk Booster TV. biasanya banyak yang kurang puas kalau antena TV nya tidak dilengkapi dengan Booster.
bagi yang suka eksperimen atau hobby elektronika, silakan coba saja proyek elektronika yang satu ini. rangkaiannya tidak terlalu rumit. lumayan kalau jadi kan bisa dimanfaatkan untuk antenna TV UHF di rumah.
UHF antena booster ini dapat digunakan untuk tujuan penerimaan yang lebih baik, terutama jika Anda jauh dari stasiun TV / pemancar relay.   booster antena UHF ini bekerja di kisaran 400-850 MHz.
Berikut ini adalah diagram rangkaian booster antena UHF:


Rangkaian hanya menggunakan satu transistor, dengan penguatan antara 10 hingga 15 dB, cukup lumayan untuk banyak situasi.
Bagian paling penting adalah bahwa sirkuit transistor harus terlindung dari sirkuit input, seperti ditunjukkan dalam diagram skematik oleh garis putus-putus (metal shield/pelindung logam). hal ini bertujuan untuk menghindari interferensi.
rangkaian ini dicatu dari power supply yang terpisah melalui kabel sinyal (sistemnya mirip dengan booster UHF yang dijual ditoko, yaitu power supply diletakkan di dalam rumah atau di dekat TV ),  karena rangkaian booster ini harus sedekat mungkin dengan antena. Hal ini sangat penting karena amplifier harus memperkuat sinyal yang diperoleh oleh antena, bukan noise yang ditangkap oleh antara kabel antena dan rangkaian.
Antena dan rangkaian booster dapat dipasang di atas atap rumah Anda. 75 ohm Panjang kabel koaksial dapat digunakan dari output rangkaian booster ini ke unit power supply yang berada dekat dengan TV.
konstruksi power supply sangat sederhana, digunakan sebuah induktor 50-100 uh atau RF choke antara kabel output dan catu daya.
kapasitor keramik kecil 100pF digunakan untuk memblokir tegangan DC dari power supply. Sesuaikan P1 untuk mendapatkan penerimaan yang terbaik, dan hal ini untuk mengatur konsumsi arus saat digunakan yaitu sekitar 5-15 mA.

catatan:
tipe transistor yang disarankan disini adalah transistor 2SC3358, tetapi apabila susah didapat maka bisa diganti dengan yang tipe 2SC3355. biasanya tipe 2SC3358 mempunyai penguatan yang lebih bagus dari 2SC3355.

KERUSAKAN TV LG 2

Sering menemukan TV LG kondisi mati total. Setelah pengecekan ternyata TR Hor short/koslet sehingga semua tegangan output inverter drop. Mulailah dengan pengangkatan TR tsb dan mengecek kembali tegangannya dan ternyata normal. Jangan dulu mengganti dengan TR yang baru karena pasti kau akan kehilangan TR tsb karena pasti akan jebol lagi, untung kalo langsung hidup dan normal. Setelah pengecekan pada block Horizontal out ternyata ada capasitor yang yang agak gendut dan setelah diangkat ternyata memang sudah kering tidak ada nilai kapsitasnya. Capasitor ini terletak pada Colector TR Hor dibypass ke ground yng diparalel denagan Dioda. Untuk LG slim 21" inch biasanya menggunakan 183j 2kv (18n 2kv) untuk yang pearl black 29" menggunakan 103j2kv (10n 2kv). Setelah penggantian capasitor tsb dan TR Hor yang baru mulai menghidupkan TV dan ternyata TV langsung OK.

     Pernah juga menemukan TV LG pearl balck 29" kondisi gambar melebar dan sehingga OSD hanya keliahatan separo. Seperti biasa pengacekan masih pada bagian Horizontal. Awalnya mengira pada TR FET drive Hor wide yang rusak dan setelah diangkat dan diukur ternyata FET tsb masih bagus. Dan mulailah kelihatan bagian yang rusak ada elco 250v1uf yang yang sudah mulai gendut dan setelah diganti gambar masih tetap sama. Dan mulai mencari lagi apanya yang rusak, dan sepertinya mulai ketemu penyakit yg sebenarnya setelah saya mendapatkan Capasitor 154J 600V kelihatan agak gemuk. Mulai mengangkat C tsb dan mengukurnya dengan tester x10K dan ternyata tester tidak bergerak sama sekali pertanda C sudah kering. Mulai mengganti capasitor tsb, karena tidak punya C yang sama hanya yang ada 204J 250V akhirnya terpaksa diganti dgn yang ini. Mulailah dgn menghidupkan TV dan gambarpun sudah tidak melebar lagi kelihatan sudah normal hanya kurang lebar satu CM karena Capasitornya tidak sama.  Mulailah masuk ke menu service dengan menekan MENU di panel 2 kali tahan lalu tekan MENU di remot dan menambahkan nilai HOR WIDE hingga kelebaran gambar sesuai dan dengan menekan OK di remot untuk menyimpan settingan lalu tekan AV untuk keluar. Maka selesailah sudah TV kembali OK...!!!!

No comments:

Post a Comment