Monday 24 June 2013

Cacat Gambar PANASONIC Quintrix F Series

Siang ini dapet lagi servisan di rumahnya Mbak Tari/Mas Riyanto Kauman,Karangrejo,Magetan.Merk tv Panasonic quintrix F series type TC-2088MNB,dengan keluhan tv hidup normal suara juga normal hanya saja warnanya blur,terutama pada warna putih/warna-warna terang,jadi sangat tidak enak di tonton jadinya,ketika gambar dominan warna terang,tv pun bereaksi dengan mendenging kencang di sertai horizontal menyempit kiri kanan dan vertikal memanjang atas bawah.Tv ini menggunakan IC tunggal type TDA9381I48BE.Seperti biasa penyoderan ulang saya tambahkan di semua bagian,setelah itu saya cek setiap elco di sekitar FBTnya,dan saya dapati C558=1uf/160V njebrot bagian bawahnya,tepat di sampingnya ada R558=22K nampak sedikit hangus,setelah saya cek dengan avometer ternyata mati,kedua komponen ini terhubung dengan pin FBT bagian ABL.Setelah penggantian 2 komponen tersebut,tv pun saya coba hidupkan tuk melihat hasilnya dan MAK NYOSSS!!!...tv pun normal kembali,saturasi warnanya pun pulih lagi seperti sedia kala,ALHAMDULILLAH!!! YA ALLOH,atas semua petunjukMU

No comments:

Post a Comment