Thursday 20 June 2013

Cara memperbaiki Yoke TV Slim


Pernahkan anda mencoba memperbaiki sendiri Yoke yang putus karena korosi atau terbakar?

Kali ini saya memberikan contoh Cara memperbaiki Yoke TV Slim yang sering saya jumpai, dan sering putus bagian lilitan Verticalnya, dan saya memperbaiki sendiri.


Pernahkah Anda memperbaiki tv model Slim yang gambarnya suman nampak di tengak2 dgn lebar 10 Cm dan gambar bengkok? Jika iya apa yg terbersit di pikiran nada? apakah IC vertical Rusak? Jika anda sudah berpengalaman pasti langsung menebak yokenya yg bermasalah. Lihat Gambar dibawah, adalah tv slim Akari yang putus yoke verticalnya.

Anda Pasti sudah tahu jikalao lilitan untuk verticalnya ada di bagian luar Yoke, Untuk itu jika akan melepasnya, silahkan bersikan dahulu, lem perekatnya, biasanya dari lem bakar DLL.
Sebelum itu anda dapat mengetahui dahulu lilitan atas apa bawah yg putus dengan mengukur menggunakan avometer pada pin V- dan V+ pada yoke, tapi sebelumnya lepas salah satu ujung lilitan dari kawat email itu. 
Jika Sudah, anda bisa melepas CLlip/ besi penjepit antar 2 buah keping gulingan itu dengan tank, berhatila, karena barang Ferit yang dipakai gampang patah, jika sudah terlepas ke-2nya, pisahkan 2 lempengan itu dengan cara mencongkel menggunakan obeng tipis. 




Jika sudah, akan nampak seperti di bawah, seperti contoh di bawah menujukkan kawat email yang hangus, nah sekarang sisa menyambung kembali kawat emainya, tapi nyambungnya di bagian sisi luar. setelah itu anda bisa merakitnya kembali, seperti pertama anda bongkar. 
Untuk kasus yang agak sulit, kadang kala harus melepas 90% gulungan, itu tidak apa2. Saya sering melalukannya danmenggulung kembali meski kelihatan agak tidak beraturan dan rapi yangpenting bisa menyalah kembali. 
saya memerlukan wahtu sekitar 45 mnit untuk mrnggulung kembali.
Saat ini harga Yoke untuk tv lim 21 inc di hargai Rp.150rb untuk wilayah Makassar, itupun jikalao masih ada dijual..
Nb: Penting: jika anda membongkar seluruh lilitan, ingat kembali arah putaran lilitnya, jika terbalik akan menghasilkan gambar lurus 1 batang, sama seperti IC verticalnya Rusak. ingat itu. Tambahan: arah lilitan sama dengan lempengan ke-2 bagian vertical itu. jd bisa jd patokan.
 

3 comments:

  1. Waduh bagus banget artikel nya untuk nambah ilmu namun sayang hanya sebatas cara bongkar saja......... tapi alangkah sempurna nya jika di sertakan solusi mengganti kawat yang hangus kah? atao dipotong saja dampaknya gmn seperti klo salah arah gulung bisa muncul gambar yang hnya segaris gitu bos....
    juga supaya tidak terjadi konslet antar lilitan apa solusinya gitu bos.....ditunggu tulisan selanjutnya.... namun walo dmkian tetap bermanfaat..........

    Salam
    Lilieg

    ReplyDelete