Monday 24 June 2013

OSD HILANG

Sore tadi dapet panggilan service untuk memperbaiki tv jadul yang sudah di ganti mesinnya dengan mesin tv china WCOM,dengan keluhan gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar,di samping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar,di tambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
 Seperti biasa tv china ini menggunakan aisy program LC863532B 54D5 dan aisy kroma LA76810A,langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja,beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah,tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya,saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru,kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?
Yaaaah....kalau memang sudah rejeki nggak akan kemana,Ahamdulillah ya ALLOH....Amin
Semoga bermanfaat dan SUKSES buat sampean SEMUA........!!!!

No comments:

Post a Comment