Thursday 13 June 2013

Pemancar FM Rev.1

Berbicara tentang pemancar FM jadi teringat masa lalu dimana saat itu belum ada alat komunikasi secanggih Handphone, sehingga masih memanfaatkan gelombang FM sebagai sarana komunikasi satu dengan yang lain meskipun sebenarnya tidak diperbolehkan/ ilegal. namun dengan memanfaatkan frekuensi dibawah 88MHz yang tidak dipakai sehingga tidak mengganggu siaran resmi, dan sebagai penerima menggunakan radio FM Varco maupun Tuner yang sudah dimodif agar bisa menangkap Frekuensi dibawah 88MHz,
untuk rangkaian pemancar yang pertama dirakit sangat sederhana hanya dengan menggunakan transistor final C1970 sedang antena menggunakan jenis horizontal, dengan ketinggian antena 6 meter dan tanpa ada halangan gunung mampu menembus lebih dari 40KM.

Bagi yang mau belajar membuat pemancar FM berikut rangkaianya










dalam pembuatan layout juga cukup mudah, dengan menggunakan bahan PCB polos dan peralatan yang dibutuhkan hanya pisau cutter dan penggaris,

berikut Layout PCB








model antena yang digunakan






Antena yang sangat sederhana namun sudah cukup bagus untuk memancarkan maupun menangkap frekuensi radio FM dan minimal menggunakan kabel RG58.
untuk rangkaian power supply klik disini  minimal menggunakan trafo murni 5A,
sekian dulu tentang pemancar FM namun sayang sungguh disayang rangkaian yang jadi belum sempat diambil gambarnya sudah keduluan dimodif.

No comments:

Post a Comment