Monday 24 June 2013

Polytron Lawas...Gambar Garis2 Hitam !

Beberapa waktu lalu ada rekan yg mnanyakan via Sms masalah Tv Polytron model lawas dgn kerusakan sbb: Tv dihidupkan nyala gambar bagus, tetapi ada garis2 hitam tebal naik turun, baik posisi AV ataupun Channel ! Setelah saya teliti, kerusakan model begini tidak bisa dianggap remeh, bagi yg profesionalpun mungkin juga sulit !
Untuk kali ini akan saya berikan solusinya, begini:
*Sebelumnya setelah saya ukur semua VCC normal, saya coba setel Bright dan Contrass trnyata tidak ada perubahan(Voltage Swing di IC Program ok, OSD ada !), saya putar VR Adjustment untuk G2(Screen) gelap terangnya gambar juga gak berubah, rangkaian ABL saya ubek2 juga utuh ! IC Oscilator TDA4505E dan Chroma TDA3565 saya ganti tetap aja !!!
Wah apanya ini ???
Oke, buat semua rekan2 yg pernah dihajar oleh Tv polytron lawas dgn kerusakan seperti ini.....langsung aja FBT(Flyback Transformer) diganti, dan jangan lupa atur ulang RGB White Balance(Keseimbangan Hitam-Putih)nya agar gambar normal kembali!!!
Thanks buat semua !

No comments:

Post a Comment