Monday 24 June 2013

Problem Tv SHARP C-14V20MS

Siang tadi dapet panggilan service tv ke Ds.Jonggrang,sumber agung Kec.Barat Magetan,di rumahnya P.Mudjiman,memperbaiki tv SHARP type C-14V20MS dengan kerusakan tv tidak bisa bertahan lama hidup,jadi setiap 5 menit atau 15 menit pasti mati total bukan standby.Karena tv tergolong baru saya berpikir mungkin hanya kondisi solderan aja yang mulai memburuk sehingga tegangan tidak stabil,lalu saya solder ulang di bagian yang rentan panas seperti di bagian regulator,horizontal,vertical dan juga blok RGB.Kemudian saya coba tes dan berhasil(pikir saya)kemudian tv pun saya tutup dengan casing box belakang dan saya coba nyalakan lagi dan menunggu reaksinya,5 menit 10 menit terlampaui menginjak 15 menit tv MAK PET alias mati total tanpa nyala led indikatornya,coba dihidupin lagi nggak bisa,harus menunggu 1 sampai 2 menit baru bisa di hidupin lagi dan begitu seterusnya berulang-ulang.Ketika tv mati lagi saya cek panas pada TR horizontal TT2140 dan STR W6753 bukan main panasnya,di atas normal.Kemungkinan karena panas yang berlebihan inilah yang menyebabkan STR W6753 menjadi drop,akhirnya supply tegangan terhenti yang mengakibatkan tv jadi mati total,akhirnya saya ganti saja STR W6753 dengan yang baru,dan tak lupa saya tambahkan sedikit heatsink lagi pada heatsink utama untuk sempurnanya pembuangan panas yang berlebihan,karena menurut saya heatsink utama pada STR W6753 ini terlalu kecil sehingga kurang optimal membuang panas.Untuk TR TT2140 saya ganti dengan D1651 yang lebih tahan panas,juga heatsinknya saya ganti dengan yang lebih besar lagi.Setelah itu tv pun saya tes lagi dalam keadaan tertutup lengkap dengan casing belakangnya,1 jam 2 jam 3 jam 4 jam nonstop tv pun sudah tidak rewel lagi,ya moga-moga aja awet sampai seterusnya,semoga bermanfaat terima kasih dan tetap semangat

No comments:

Post a Comment