Thursday 13 June 2013

Skema Power Amplifier 50 Watt | Rangkaian Power Amplifier 50 Watt

Gambar rangkaian amplifier 50 watt

Rangkaian amplifier 50 watt diatas adalah merupakan rangkaian elektronika amplifier yang menggunakan transistor sebagai penguat. Catu daya yang digunakan adalah catu daya dengan tegangan 50 sampai dengan 60 volt. Untuk dijadikan peralatan sound system rangkaian ini masih cukup sederhana dan tidak mempunyai pilihan equalizer yang lebih memadai. Tapi mungkin rangkaian ini bisa berguna manakala anda mempunyai rangkaian yang membutuhkan penguatan dengan metode yang sederhana dan tidak menghabiskan biaya. Seperti contoh anda mempunyai rangkaian pengusir binatang yang outputnya hanya berkisar pada nilai miliwatt, sehingga rencana anda untuk mengusir binatang pengganggu dari rumah anda jadi kurang maksimal. Dengan rangkaian amplifier 50 watt yang sederhana ini saya yakin gelombang ultrasonic yang anda dapatkan akan lebih nendang.

Prinsip kerja rangkaian power amplifier 50 watt diatas sebenarnya tidak terlalu .sulit untuk dimengerti. Rangkaian tersebut hanya menggunakan beberapa variasi dari rangkaian transistor sebagai penguat. Seperti pada beberapa rangkaian amplifier transistor pada umumnya, proses penguatan dilakukan pada bagian awal dan pertengahan proses. Sedangkan pada bagian akhir biasanya transistor tidak lagi berfungsi untuk menguatkan sinyal hingga berkali-kali, melainkan hanya untuk menjembatani antara sinyal keluaran yang sudah dikuatkan dengan loudspkeaker sebagai beban. Karena seperti yang pernah saya katakana sebelumnya bahwa, kebanyakan rangkaian penguatan transistor itu mempunyai impedansi keluaran yang cukup tinggi sehingga akan sangat terbebani apabila dibebankan dengan loudspeaker yang hanya mempunyai tahanan beberapa ohm saja. Mengapa demikian anda bisa membaca artikel saya tentang aturan pembagi tegangan dan pengali tegangan.

Daya yang dihasilkan oleh rangkaian amplifier diatas adalah kurang lebih 50 watt. Komponen yang digunakan tidak terlalu banyak dan juga pembuatan rangkaian tidak terlalu rumit. Anda bisa menambah koleksi rangkaian elektronika anda dengan rangkaian yang satu ini. Dan mungkin suatu saat anda akan membutuhkan rangkaian amplifier ini. Jika anda merasa 50 watt masih kurang memadai anda bisa mencoba rangkaian power amplifer 100 watt dan skema power amplifier 150 watt. Lihat juga rangkaian loudspeaker driver dan inverting amplifier.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA2fvI51Nz7Y-SlyLly77MJ281kPI80WySK7IpBq9gylS39D8LPb0PpBDEpCkukVYc0RvutTjQ3ZlxiCyA6fhdNwDbcx-aEiH775Y2WNvGI3f8KmdDWVECS7phgW57-LdeOvJc_cOL0iLI/s1600/gambar+amplifier+50+watt.JPG

1 comment:

  1. mas kalau semisal transistornya mau saya kurangin satu kira kira dibagian mana yang dihilangkan ya?

    ReplyDelete