Monday 24 June 2013

TV CINA MATI STANDBAY

TV China yang kerusakannya mati standby. Tv ini menggunakan IC tunggal buatan Toshiba dengan seri 8873CSCNG6PR6 HAY-22,setelah saya lepas tutup box belakangnya,tv saya nyalakan beberapa saat untuk mengecek reaksi di beberapa bagian,terutama di bagian horizontalnya,di bagian ini saya dapati heatsink Tr horizontal panas sekali,seperti reaksi bila FBT mengalami kerusakan,awalnya saya juga berpikiran begitu tapi kok akhirnya jadi ragu-ragu sendiri hehehehehe.... Akhirnya FBT saya lepas dan saya cek apakah short ataukah tidak,ternyata emang masih baik-baik saja wiiuuuhh...hampir saja tertipu aku. Kemudian FBT pun saya pasang lagi dan tv saya nyalakan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab sesungguhnya panas berlebih pada heatsink Tr horizontal ini,walhasil penyebab sesungguhnya ternyata pada V303=D2012,di mana body TR ini juga di sekrupkan ke heatsink Tr horizontal,jadi jika kita kurang teliti pasti akan mengira sumber panas berlebih adalah dari Tr horizontal,padahal tidak! hehehehe........ Setelah penggantian TR V303=D2012 tersebut,tv saya coba nyalakan dan MAK THUUUUSSSS....transistor V303 tersebut langsung pecah,waoooww....ada apa lagi ini(pikirku),petan -petan lagi di seputar rangkaian horizontalnya,dan di dapati ada sebuah diode VD435=FR309 dalam keadaan short,diode ini terhubung dengan kaki kolektor TR horizontal dan terparalel dengan 2 buah C volt tinggi,wiuuuuh.... Setelah pergantian 2 pemain tersebut,tv saya coba nyalakan lagi dan MAK NYOOOSSSS.....horeeeeee.....berhasil GUY'S! Saya periksa panas pada heatsink nya sudah nggak berlebihan lagi,tutup box belakang tv pun saya pasang dan di atur di rak tv,dan saya tes sekali lagi selama 1 jam,ternyata sudah tidak ada error maneh,yo wis lah Alhamdulillah di teruske totalan lalu bayaran maning hehehehe.....SUKSES BUAT SEMUA.

No comments:

Post a Comment