Minggu, 23 Juni 2013

Reset TV Panasonic TC14S10J

TV Panasonic type TC14S10J dengan kerusakan gambar/suara normal,tapi menu tidak dapat di akses melalui remote control ataupun dari front panelnya,dan level volume pun tidak bisa di set sampai maksimum(63 level)jadi hanya dibatasi sampai level 11 tok,waduuuh.....berat ni kelihatanya.Tv panasonic ini menggunakan IC program type MN152811TZX dan IC memory 24C01A,untuk menangani kasus seperti ini,ternyata sangat mudah mengatasinya,yaitu cukup masuk ke service mode kemudian tekan tombol normal pada remote control,maka semua akan normal seperti semula,untuk masuk ke service mode tekan tombol volume minus(-) pada tv dan OSD pada remote secara bersamaan,Selamat Mencoba dan sukses buat anda semua.

Tv PANASONIC TC-2088MNB dan TC-14P10SB

Kemarin siang dapet servisan 2 tv panasonic yang satu 20" dan 14" dengan kerusakan yang sama yaitu pada saat tv di on-kan layar putih disertai garis blanking putih merata kemudian mati terprotek.Kedua tv ini pada dasarnya sama system rangkaiannya.Keduanya juga sama kerusakanya yaitu saat tv on layar putih semua disertai garis-garis putih blanking yang kemudian standby terprotek.Pemeriksaan langsung aku tujukan ke bagian tegangan 180V pada elco C552=10uf/250V,pada titik ini tegangan normal tapi begitu sudah masuk ke rangkaian penguat RGB tegangan hilang alias 0V,ternyata R374=1ohm putus terbakar,terbakarnya R374 ini karena short pada IC351=TDA6107JF yang sebagai penguat sinyal RGB.Setelah R374 dan IC351 saya ganti dengan yang baru tv pun siap pentas,MAK CRRAAAXXX.......!!! Tv sembuh total,hatiku pun riang karena langsung bayaran he he he........terima kasih dan sukses selalu buat rekan2 semua.

Mati Total Tv Panasonic Alfa Gold series

Hari ini dapat panggilan service di tempatnya P.Puguh dusun Glodok,kel.Karangrejo,Karangrejo,Magetan.Tv nya merk Panasonic type TC20S100 alfa gold,dengan kerusakan mati total,led indikatorpun tidak menyala,hanya ada bunyi NGIIIIIIIIKK....ketika saklar power di ON kan. Setelah saya lakukan pemeriksaan,terlihat ada beberapa elco yang menggembung diantaranya C831=220uf/50v,C825=47uf/50v,dan C805=47uf/50v,dan juga D835=zener 56V.Setelah penggantian elco-elco dan D tersebut tv saya coba nyalakan akan tetapi tv masih berbunyi NGiiiiiiiikk....led indikatorpun belum mau menyala,setelah saya cek ternyata IC802=AN7805 dalam keadaan short,setelah saya ganti IC tersebut,tv saya coba nyalakan lagi dan BERHASIL tv langsung menyala,saya biarkan hidup kurang lebih sampai 1 jam dan sampai tiba-tiba MAK PEETT... tv mati sendiri tapi lampu led masih nyala dan redup,disertai dengan kepulan asap dari balik komponen tersebut,yang ternyata berasal dari R553=820ohm. Kemudian saya ukur tegangan pada titik ini terukur 77v,wooww....padahal normalnya berkisar 22V.saya cek semua tegangan output regulatornya ternyata semuanya berlebihan alias over. Pada titik kutub + C831=220uf/50V terukur 145V,normalnya berkisar 42V. Kemudian saya periksa semua komponen di rangkaian regulator,disini saya dapati R829=470ohm melar/meninggi nilainya jadi 520ohm,dan R826=22ohm juga melar/meninggi nilainya jadi 2K7.Setelah penggantian R tersebut,tv saya coba nyalakan lagi dan MAK BYIIIAAARR....tv langsung hidup seperti semula.Wiiiiuuuh...senengnya keluarga P.Puguh,langsung buat nonton pertandingan sepak bola.He he he seneng juga hatiku,disamping bayaran lagi,juga membuat hati orang lain seneng he he SUKSES BUAT ANDA SEMUA.

Cacat Gambar PANASONIC Quintrix F Series

Siang ini dapet lagi servisan di rumahnya Mbak Tari/Mas Riyanto Kauman,Karangrejo,Magetan.Merk tv Panasonic quintrix F series type TC-2088MNB,dengan keluhan tv hidup normal suara juga normal hanya saja warnanya blur,terutama pada warna putih/warna-warna terang,jadi sangat tidak enak di tonton jadinya,ketika gambar dominan warna terang,tv pun bereaksi dengan mendenging kencang di sertai horizontal menyempit kiri kanan dan vertikal memanjang atas bawah.Tv ini menggunakan IC tunggal type TDA9381I48BE.Seperti biasa penyoderan ulang saya tambahkan di semua bagian,setelah itu saya cek setiap elco di sekitar FBTnya,dan saya dapati C558=1uf/160V njebrot bagian bawahnya,tepat di sampingnya ada R558=22K nampak sedikit hangus,setelah saya cek dengan avometer ternyata mati,kedua komponen ini terhubung dengan pin FBT bagian ABL.Setelah penggantian 2 komponen tersebut,tv pun saya coba hidupkan tuk melihat hasilnya dan MAK NYOSSS!!!...tv pun normal kembali,saturasi warnanya pun pulih lagi seperti sedia kala,ALHAMDULILLAH!!! YA ALLOH,atas semua petunjukMU

TV PANASONIC TC2088 CDV

Tadi siang dapet servisan tv panasonic type TC2088CDV dengan kerusakan gambar kanan kiri kurang full dan ada garis melintang secara horizontal di bagian tengah layar. Langsung saya bongkar dan saya lakukan pengecekan secara visual,saya lihat heater nggak nyala,tapi kok layar nyala ya? hmmmm......kemudian saya lakukan pengukuran tegangan pada B+ pada kaki plus (+) elco C860:220uf/200V terukur hanya sebesar 56V saja,padahal normalnya 90V untuk tv Panasonic type ini,lalu saya ukur tegangan pada elco B+ yang satunya lagi yaitu C852:220uf/200V di sini terukur tegangan yang abnormal,terukur lebih dari 1000V,tapi elconya kok nggak MBLEDOS yo? hehehehe..... Naaaah......berarti nih elco kering kapasitasnya,akhirnya ketemu juga biangnya,ku ganti aja kedua-duanya biar awet sekalian.
Setelah penggantian 2 elco tersebut,tv pun bisa normal kembali,jadi penyebabnya karena dropnya tegangan B+ yang masuk ke FBT. Oke rekan-rekan semua,selamat bekerja,selamat berkarya,SUKSES BUAT ANDA SEMUA!!!!

TV PANASONIC Led indikator kedip-kedip

Beberapa waktu yang lalu pernah dapet servisan tv Panasonic dengan kerusakan tv mau nyala dan keluar gambar sebentar kemudian mati standby dengan di sertai lampu LED indikator berkedip-kedip dari merah ke hijau terus merah lagi lalu hijau lagi begitu terus menerus.Tv ini bertype TC-2088MNB menggunakan aisy single type TDA9381PS/N2/2i 1338,aisy vertikal AN5539,transistor penguat horizontal D2499,STR W6654 dan FBT G4GAM3F2. Dalam hal ini tv bisa di katakan terprotek,bisa dari tegangan yang nggak stabil atau bisa juga karena settingan data yang berubah pada programnya,mau masuk service mode jelas nggak bisa karena tv baru nyala sebentar langsung mati hehehehe........... Langkah pertama saya coba lumpuhkan dulu pusat titik proteknya yaitu pin 36=EHT protect dari aisy singlenya dengan membuka dulu solderannya,kemudian tv saya coba nyalakan dan ternyata mau hidup dan nggak balik ke standby lagi,dan pin 36 pun saya solder kembali dan di lanjutkan dengan pencarian penyebab protek dengan menyisir titik-titik sensor yang lain.
Saya buka solderan D520(sensor B+),masih tetep saja kondisinya,saya buka solderan R631 dan D403(sensor tegangan 185V dan ABL))masih sama juga,kemudian saya buka solderan D511(sensor heater)tv mau menyala dengan normal...NAAAAAAAHHHH.......di sini rupanya sumber permasalahannya,setelah saya ukur diode tersebut ternyata sudah short,setelah pergantian pemain diode tersebut tv pun sudah nyala dengan normal kembali,Alhamdulillah ya Alloh,atas semua petunjukMu,Amin, SUKSES BUAT REKAN-REKAN SEMUA

TV PANASONIC TC-2088MNB gambar putih polos bergaris-garis


Beberapa hari yang lalu dapet servisan tv Panasonic type TC-2088MNB yang menggunakan IC single TDA9381I48BE,IC vertikal AN5539,regulator menggunakan STR W6654 dan FBT G4GAM3F2 yang kerusakannya,ketika tv di ON kan layar menunjukan gambar polos bergaris-garis di sertai dengan suara denging kemudian mati terprotek.
Dengan gejala yang ada tampaknya tegangan untuk katoda 185V belum masuk ke rangkaian blok RGB,pada tv model ini tegangan standarnya 210V jadi jangan kaget ya hehehehe.......
Langsung saja saya lakukan pengukuran tegangan di jalur 185V dan ternyata memang terhenti di R374 = 180ohm yang dalam keadaan putus,putusnya R374 ini karena IC 351 = TDA6107JF dalam keadaan short circuit,setelah penggantian 2 komponen tersebut barulah tv bisa kembali normal.
Mudah-mudahan bisa menjadi bahan referensi bagi rekan-rekan semua,SUKSES SELALU!!!

TV PANASONIC TC-14S20 tak ada OSD


Kemarin siang dapet panggilan garapan TV Panasonic type TC-14S20 dengan kerusakan gambar dan suara normal tetapi OSD tiada nampak sama sekali.
TV ini menggunakan aisy program MN152811TZX ,aisy kroma AN5192K-B,aisy vertikal LA7837,dan TR regulator C5253.
Pertama kali ukur dulu tegangan vital yang berhubungan dengan nampaknya OSD yaitu pin AFC di FBT,pin H,sync dan V.sync di aisy program,tapi sebelum itu saya buka dulu skemanya di ponsel untuk bahan perbandingan nilai referensinya,alhamdulillah di skemanya pada aisy program ada nilai-nilai tegangan di masing-masing pin yang bisa di jadikan acuan pengukuran.
Pada pengukuran di dapati pada pin AFC FBT terukur 24VAC ini adalah normal,kemudian beralih ke pin V.sync di sini terukur 4.3VDC ini juga normal,beralih lagi ke pin H.sync dan terukur 9.9VAC,naaaaaah..... di sini rupanya letak penyebabnya,padahal normalnya sekitar 4VAC sampai 6VAC saja,akhirnya perburuan pun di mulai di sepanjang jalur H.sync nya,dan akhirnya tertangkaplah biangnya yaitu Q1135=C945,pada beberapa type ada juga yang pakai C2785.
Setelah penggantian TR tersebut akhirnya OSD kembali nampak.
Alhamdulillah Ya Alloh atas semua petunjukmu,dan SUKSES buat rekan-rekan semua!!

Short CRT pin G2 dengan G1

Tanggal 27 januari 2009 kemarin aku dapet tv LG Flatron type 21FX4AG-TH dengan kerusakan tak ada gambar/raster tapi suara normal,segera aku bongkar itu tv untuk memastikan penyebab kerusakan sesungguhnya,setelah kubuka casing penutup belakangnya,tv langsung aku hidupkan untuk mengecek apakah heaternya menyala,ternyata heater menyala normal,kemudian aku putar potensio screen di bagian flyback ke posisi maksimum,namun tak ada reaksi yang berarti pada CRT.Hmmmmm.......apanya ya(gumamku)lalu kuambil multitester untuk memeriksa tegangan pada pin G2 soket CRT,ternyata pada pin G2 CRT tak ada tegangan sama sekali(normalnya ±80v).Aku pikir kemungkinan flybacknya yang rusak,buru-buru langsung aku ganti aja flybacknya yang bertype 6174V-6006V dengan yang baru,kemudian aku coba hidupkan tv sekali lagi,ternyata reaksinya sama saja,tidak ada perubahan sama sekali,lalu kucoba cek tegangan G2 pada soket CRT tanpa tersambung ke CRT,ternyata ada tegangan sebesar±80v,hmmmmm......kok baru kali ini ngadepin kasus kayak gini ya,terus aku pasang lagi soket CRT ke CRT dan aku cek lagi tegangan G2nya ternyata short alias 0v.Yeeaahhhh.....!ternyata pin G2 short terhadap G1,tanpa pikir panjang aku gunakan metode yang biasa aku gunakan untuk menghilangkan short HV dengan focus,namun pada saat ini aku gunakan untuk menghilangkan short G2 dengan G1 yaitu dengan menahan ujung obeng di dekat pin G2 CRT kira-kira ±0,5cm jaraknya.Dimana obeng tadi sudah aku hubungkan dengan ground CRT,kemudian aku nyalakan tv,mak craaaaak ada loncatan listrik antara ujung obeng dengan pin G2(status soket CRT terlepas dari CRT),kemudian aku pasang kembali soket CRT ke CRT lalu aku hidupkan tv sekali lagi dan mak cliiiiing....tv normal kembali,iiiiiyeeessss....senangnya hatiku,Allhamdulillah ya Allah atas semua petunjukmu Amien!.Semoga bermanfaat bagi anda semua,sukses selalu.

Tv GOLDSTAR Mati Total

Di daerah aku tinggal,yaitu di desa Patihan Kecamatan Karangrejo Magetan,masih banyak tersebar dan awet Tv pabrikan Korea bermerk GOLDSTAR,jadi setiap ada panggilan service hampir bisa di pastikan dapetnya tv GOLDSTAR.Mungkin dulu penduduk Karangrejo emang udah nge-Fans and fanatic ama merk GOLDSTAR,di samping awet,gambar yang di hasilkan juga lumayan dan natural. Oke mari kita bedah selengkapnya.Tv GOLDSTAR yang kita bedah kali ini adalah type CA20D22 dan identik dengan type CA14A62,CF17A60,CA14D72,CA14D22,CA20A82,CA14B15,CA20A62,CA20D22,8 type yang terakhir saya sebutkan mungkin ada perbedaan pada bagian IC Program dan Flyback transformernya,tapi pada dasarnya sama pada sistem rangkaian dan komponennya.Kerusakan mati total pada tv GOLDSTAR biasanya di sebabkan karena tidak normalnya tegangan pada bagian regulatornya,sehingga memicu kerusakan pada STR penguat teganganya.Tanda utama pada kerusakan jenis ini adalah putusnya sekering F801 di ikuti putus/terbakarnya tahanan kapur R821 senilai 39ohm 10Watt,dan terakhir mengakibatkan IC802=STR6707 menjadi short,tapi awas hati-hati! Saat ingin mengganti STR6707 dengan yang baru,anda harus menghubung singkatkan terlebih dahulu Elco C817=220uf/400V,kalau tidak ingin rambut anda menjadi NJEGRAAAAAAAAXXXXXXX........................!!!!!!!!!!!!,karena tersengat listrik darinya.Setelah tegangan dari elco c817=220uf/400v netral barulah anda lanjutkan dengan melepas STRnya,cek juga atau bila perlu ganti dengan yang baru dan yang mutunya bagus elco C825=47uf/50V,C826=220uf/50V,dan C820=10uf/100V,dan tak lupa periksa juga ZD811=6.8V dan Q805=C3852A short atau tidak.Setelah mengganti dengan yang baru komponen mulai dari sekering,R kapur,elco,STR,kemudian memeriksa zener dan transistornya,apakah pekerjaan sudah selesai? Tunggu dulu Bung! Jangan buru-buru alias kesusu,sebelum kita tes tvnya,periksa dan cek terlebih dahulu bagian B+,Horizontal,dan penguat Vertikalnya.Untuk bagian B+ periksa C815=10uf/100V,C814=220uf/160V,C407=4,7uf/160V,C827=100uf/160V,cek apakah bocor,menggembung,ganti dengan yang baru bila perlu,kemudian cek bagian Horizontalnya,terutama Q402=D1555/D2499 short ataukah tidak,kemudian lihat C408=10uf/100V layak pakai atau tidak,dan tidak ketinggalan pula cek juga C418=10uf/250V untuk tegangan 180V layak pakai atau tidak,untuk bagian Vertikal Amp cek IC301=TA8445K short atau tidak.Sampai disini pekerjaan bisa di anggap selesai,dan tvpun siap untuk di tes,selamat mencoba dan sukses!!

Volume Suara Tak Terkontrol

Pada kebanyakan tv GOLDSTAR error pada volume kontrolnya adalah hal yang biasa,hampir rata-rata semua tv GOLDSTAR dengan type awal CA pasti mngalami error pada volume controlnya. Pada waktu tv di hidupkan,kalo kita tidak menekan tombol OK terlebih dahulu pada front panelnya,maka kita tidak bisa mengontrol volume baik untuk mengurangi atau menambah level suara lewat tombol di tv,kalau via remote control sih ndak ada masalah,tapi kalo sewaktu-waktu remote rusak atau hilang kan repot.Sedianya kita tuh mau mengurangi volume suara tv tapi yang terjadi malah suara tv menjadi sangat keras,karena tahu-tahu set volume pada posisi level full,kita pencet lagi untuk mengurangi volume eee........malah nggak ada suara sama sekali,karena lagi-lagi set volume pada posisi minimun atau 0 level,kalau volumenya irih alias pelan kan enak,tapi kalau volumenya gede kan yo mbrebeki tonggo to ya,untuk mengatasi hal tersebut cukup anda ganti dengan yang baru IC02=24C02/A,jangan lupa pasang pula soket IC biar gampang bila sewaktu-waktu ingin mengganti kembali.Anda pun kini bebas mengotrol volume dan mengakses menu dengan mudah via frot panel tv kamu,Oke Dulur Selamat Berkarya,Sukses buat anda!.l

Short pin ABL dengan GND

Hati-hati bila anda mendapat tv GOLDSTAR dengan kerusakan mati total/standby,ini saya alami ketika sedang mereparasi tv GOLDSTAR type CA20D22,milik Bpk.Budi,Purwodadi,kec.Barat Magetan. Setelah mendapat penjelasan cukup awal kerusakan dari yang punya tv,segera saja aku operasi itu tv,aku periksa di bagian regulator tegangannya semua baik-baik saja,lalu aku lanjutkan ke bagian B+,disini C815=10uf/100V,C814=220uf/160V,C407=4,7uf/160V dan C827=100uf/160V menggembung,lalu aku ganti semua dengan yang baru dan tentunya yang berkualitas,biar awet. Pemeriksaan aku lanjutkan ke bagian Horizontal,disini aku dapati Q402=D2499nya short dan C408=10uf/100v menggembung,lalu aku ganti semua dengan yang baru juga,kemudian aku cek resistansi antara GND dengan pin H.Out FBT 154-177B dengan multi tester digital dan menunjukkan resistansi yang terus meningkat yang berarti rangkaian B+ dan Horizontal sudah normal.Tanpa pikir panjang segera aku tes tv tersebut dan mak NYUUUUUUSSSSSSS.........keluk keluk kebul kebul keluar asap dari samping FBTnya,lho......lho......lho.....lho......la kok ngene dadine..... Kemudian aku cari komponen yang terbakar tadi dan ternyata R424=10Kohm terbakar,Resistor ini menghubungkan antara sirkuit ABL dan B+,lalu aku ganti dengan yang baru.Terbakarnya R424=10kohm tadi ternyata juga membuat Q402=D2499 mati lagi,ganti lagiiiiii.....!Setelah semua beres aku coba tes lagi MAK.....NYUUUUUSSSS..............!!!!!!!!keluk keluk kebul kebul,eeee....ladalahh....la kok isik podo ae ki piyeeeee.......aku cek lagi dan R424=10kohm dan Q402=D2499 mati lagi,ganti lagiiiii.....!kemudian pmeriksaan aku alihkan ke bagian ABL,dan ternyata C422=47n/250Vnya short,segera aku ganti dengan yang baru beserta dengan yang terbakar lagi tadi,kemudian aku coba tes lagi dan MAK.....NYUSSSSS.......!!!!!!!!Keluk keluk kebul kebul HAAAAAAA.......isih PANCEEEETTTT.......!Wiuuuh.....kucoba istirahat sambil berangan-angan apa ya sebenarnya BIANG dari semua ini,lalu aku lanjutkan dengan mengecek FBTnya yaitu pin GND dan pin ABL dan Ya ALLOH YA ROBBI.....ternyata short,segera aku ganti FBT,R424,C422,dan Q402=D2499 dengan yang baru semua,dan kucoba tes one more time,Bismillah...IIIYYEEEESSSSSSS....berhasil,tv langsung nyala dengan normalnya dan awet sampei sekarang,memang benar kata pepatah"Guru yang paling berharga adalah Pengalaman".Terima Kasih dan Salam Sukses buat anda semua.

Lagi!!!! Short pin G2 dan G1 CRT

Beberapa hari yang lalu,saya dapat lagi TV LG Flatron type 21FB7RG,milik ibu Minem/bpk.Darmo kelurahan Mangge,Barat,Magetan.Dengan kerusakan suara tv normal tapi layar gelap tak ada gambar maupun raster sama sekali.Kasus ini pernah saya alami bulan januari kemarin,dan kini dapet lagi dengan kasus yang sama yaitu tv bekerja normal,suara juga normal,heater juga menyala,hanya gambar tidak ada,walaupun pengaturan SCREEN pada flyback sudah maksimum,layar masih tetap gelap gulita.Bila soket RGB CRT dalam keadaan terpasang ke CRT,tegangan pada pin G2 di soket CRT terukur 0 volt,tetapi bila soket RGB CRT dilepas dari CRT,tegangan pada pin G2 di soket CRT terukur 80 volt,penggantian FBT untuk kasus ini belum tentu menyelesaikan masalah,oleh karena itu saya tidak akan terkecoh lagi he he he.Pada kasus short G2 dengan G1 kali ini terbilang berat,karena meskipun metode yang biasa saya gunakan saya praktekan berulang-ulang,tetap tak ada reaksi apapun dari CRT.Akhirnya saya pakai metode yang biasa saya gunakan untuk mengatasi short CATODA dengan G1,yaitu memberi tegangan tinggi sesaat pada pin G2,dengan cara ambil seutas kabel yang di kedua ujungnya sudah di beri jepit buaya untuk memudahkan pengerjaan,kemudian tarik/lepaskan soket RGB CRT dari CRT dan jepitkan salah satu ujung kabel ke pin G2 dan ujung kabel yang satunya lagi ke ujung obeng minus,lalu selipkan ujung obeng tersebut ke dalam kop/tudung anoda flyback,kemudian hidupkan tv sekejap saja(kira-kira 1 sampai 2 detik saja).Sepintas ada suara CRRRRTTTT.....dari CRT,lalu pasang lagi soket RGB CRT ke CRT dan hidupkan tv untuk melihat reaksinya,dan YESSS....BERHASIL,tv pun sudah normal kembali,bagi anda yang pemula saya tidak menyarankan metode ini karena terlalu berbahaya bagi keselamatan anda,OKE SELAMAT BEKERJA.

Layar Berkedip Tv LG Turbo Champ

Wiuuuhh...akhirnya K.O juga tu TV LG hehehe...awalnya saya kira akan terjadi perang besar antara saya dengan tuh tv LG hehehehe ternyata....! Siang ini dapet panggilan servis Tv ke rumahnya P.Bambang,Patihan,Karangrejo,Magetan.Tv LG Turbo Champ type RF-21CA21E,yang menggunakan IC single type TDA9381PS/N2/3/0472 -01CTMPH004A,kerusakan tv ini bila baru di hidupkan suara normal tapi gambar lambat munculnya,sementara gambar hanya blank hitam,padahal H/T juga sudah menyala,bila potensio screen di buka layar juga sudah memberikan respon dengan munculnya garis blanking,tetapi setelah beberapa menit gambar bisa muncul,hanya saja dalam kondisi berkedip dulu(bukan bergoyang lho hihihihihi...)setelah berkedip beberapa saat,barulah gambar mulai normal.Ternyata kerusakannya pada rangkaian vertikalnya,tepatnya pada C304 senilai 100uf/35V,setelah penggantian komponen tersebut,baru tv bisa normal kembali hehehehe Alhamdulillah ternyata gak jadi perang besar,gak tahunya malah garapan KRIUK-KRIUK,Oke sukses buat anda semua!

Cacat Raster TV LG Pearl Black Type 29FU3RL

Siang tadi dapet panggilan service tv di rumahnya Bp.Memed/Ibu Evin,Ds.Banjarejo kec.Barat,Magetan.Adapun tv nya adalah LG pearl black type 29FU3RL dengan kerusakan gambar normal hanya saja ada garis-garis hitam di tengah-tengah layar,seperti nampak pada gambar di atas.Tv ini menggunakan aisy tunggal type TDA12011PQ/N1F00 dan aisy vertikal STv9326.Awalnya saya solderi ulang semua titik solder di semua bagian,tapi begitu di coba di nyalakan masih tetep nongol saja tu garis-garis hitam,semua tegangan di cek juga dalam keadaan normal semua.Akhirnya saya lakukan pengecekan secara visual,tapi tidak ada komponen yang hangus terbakar,sampai akhirnya ada tanda-tanda yang mencurigakan pada heatsink aisy vertikalnya,pada heatsink tersebut seperti ada bercak hitam,setelah saya periksa lebih lanjut,ternyata sumbernya dari elco C415=1000uf/35V yang njebrot body bagian sampingnya,hehehe....... akhirnya ketemu juga biangnya,langsung aku ganti aja dengan yang baru trus tancep gas ke posisi pengetesan dan MAK BYARRRRR,gambar langsung MAK NYOSSS lagi hehehehe.....lagi-lagi ternyata garapan KRIUK_KRIUK wakakakaka.........SUKSES BUAT SEMUA.

TV LG Flatron 21FB7CG,Transistor horizontal nggak awet!

Kali ini dapet panggilan service lagi di desa Sempol kec.Maospati di rumahnya Mbak Mira,adapun tv nya adalah LG type Flatron 21FB7CG dengan no.chassis CW81A yang menggunakan aisy single LV76213 3C 54C8,STR w6654A,dan aisy vertikal LA78040 dengan kerusakan tv sebentar-sebentar mati total lagi,"hari ini di service besok lusa mati total lagi,di service lagi besok mati total lagi"begitu kata Mbak Mira,akhirnya Mbak Mira pun memanggil saya untuk menservice TV LG nya. Dari gejala awal tampaknya di sebabkan karena tegangan B+ yang nggak normal,setelah tv saya buka dan lakukan pemeriksaan saya dapati TR horizontal dalam kondisi short,kemudian saya ganti dengan yang baru dengan TT2190,kemudian tv saya ON kan dan mau nyala dengan normal dan sambil mengamati panas dari TR horizontal tersebut dan ternyata normal-normal saja alias tidak terjadi kenaikan suhu yang begitu cepat. Kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di pin B+ FBT,alangkah terkejutnya saya karena di titik ini terukur tegangan senilai 149V!!!.....WOOOOW.....kok TR horizontalnya nggak langsung mati plethes ya???...kukur-kukur disik aaaaaahhhh.....!!! Buru-buru langsung saya OFF kan tv sebelum Tr horizontalnya jadi korban hehehehe.....kemudian saya lakukan pengecekan semua komponen di jalur B+ yang menuju optocouplernya,karena di area inilah jika terjadi masalah bisa menyebabkan tegangan B+ menjadi naik,walhasil di temukan R815=91K melar menjadi 149K dan R816=91K melar menjadi 102K.
Setelah penggantian kedua Resistor tersebut tv kembali saya ON kan dan saya ukur lagi nilai tegangan B+ nya dan terukur sekitar 110V saja,naaaaaah...begini kan baru aman untuk TR horizontalnya hehehehe.....!! Alhamdulillah Ya Alloh,akhir-akhir ini setiap dapet garapan yang rusak kok cuma resistor tok yo,wah bathiku soyo akeh iki wakakakaka.....uwiiiih...kemriuk tenan lo! Semoga garapan kemriuk juga tertular buat sampean-sampean SEMUA! Sukses Selalu!

TV LG RD-21FB70V Mati Standby

Kali ini kedatangan teman seprofesi yang membawa tv LG tapi cuma chassisnya saja,nomernya SC-023D dengan type RD-21FB70V dengan keluhan kerusakan mati standby saja.Chassis tv ini menggunakan aisy single type LG8046-32A atau 8823CPNG5JK3,aisy vertikal LA78040,dan STR F6654.
Langsung saja saya obrak-abrik di meja kerja,pertama saya pasang dulu yokenya,kebetulan ada stock yoke untuk tv model slim,langsung tancepkan kabelnya ke soket,m@k cleep!!!
Kemudian jauhkan tudung anoda dari mainboard,dan juga board RGBnya,kemudian tv saya coba ON kan,LED indikator menyala merah,kemudian saya pencet tombol CHANEL + nya di panel,tapi tak ada reaksi apapun,LED pun nggak berkedip sama sekali,kukur-kukur disik aaaaahhhh.... hehehehe.......
Kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di pin POWERnya yaitu pin 64 dan terukur tegangan sebesar 2.5V,saya pencet tombol CHANEL + tetapi tegangan di titik tersebut tidak mau HIGH maupun LOW,di pin KEY pun tidak menunjukan reaksi apa-apa.
Lalu pemeriksaan beralih ke pin RESETnya di sini terukur tegangan senilai 4.5V and it's OK,beralih lagi pemeriksaan ke XTALnya,dan di dapati di kedua pinnya tegangan masing-masing senilai 2.5V dan 1.8V,and it's OK,beralih lagi ke pin SDA dan SCLnya,pada pin SDAnya terukur tegangan senilai 3.2V dan di pin SCLnya terukur tegangan senilai 0.9V,Naaaaaaahhhh........di sini rupanya ada kejanggalan,seharusnya kan tegangan di pin SDA dan SCL setidak-tidaknya tegangannya sama hehehehe......
Perburuan pun di mulai,yaitu mengejar maling tegangan di sepanjang jalur SCL,dan akhirnya pun si maling tegangannya adalah D23 dalam kondisi setengah short circuit hehehehe.....D23 pun akhirnya saya ganti dengan IN4148,setelah pergantian tersebut tv pun saya coba nyalakan dan m@k CRAAAAAK.......tv pun sudah bisa ON start lagi.
Alhamdulillah ya Alloh! akhirnya bisa terselesaikan juga masalahnya.
SUKSES buat sampean-sampean SEMUANYA!

Membuka HOTEL MODE pada Tv SHARP Wonder dan Universe

Hari ini kedatangan tv Sharp universe type 14W20 dengan kerusakan menu auto/manual search chanel tidak bisa di akses,juga menu CH-SETTING.Kerusakan seperti ini ditandai dengan menu CH-SETTING yang berubah warna menjadi ungu dimana normalnya hijau.Sebenarnya hal seperti ini karena fungsi HOTEL MODE pada tv dalam posisi ON/aktif sehingga secara otomatis menonaktifkan fungsi AUTO/MANUAL/CHANEL SETTING.Mungkin anda secara tidak sengaja mengkombinasikan tombol unik dengan remote control karena remote tertindih badan anda waktu ketiduran menonton tv,atau mungkin karena remote control dibuat mainan oleh balita anda.Untuk mengatasi masalah ini ikuti langkah-langkah berikut:pertama gunakan remote control dan tekan tombol MENU gulir ke FEATURE gulir lagi ke BLUE BACK posisi ON kemudian tekan dan tahan tombol -/-- selama 5 detik,kemudian masukan password 1379 kemudian tekan tombol V+ untuk menonaktifkan HOTEL MODE.Cara ini untuk tv Sharp Wonder/Universe yang sudah memiliki fitur STEREO,sedangkan untuk fitur MONO melalui langkah berikut:gunakan remote control dan tekan tombol FUNCTION berulang-ulang sampai di LANGUAGE set ke ENGLISH lalu tekan tombol -/-- dan masukkan password 1379 lalu non-aktifkan HOTEL MODE dengan menekan V+. Dengan langkah-langkah di atas, permasalahan susah mengakses AUTO/MANUAL/CHANEL SETTING pun bisa teratasi,semoga bermanfaat bagi rekan-rekan teknisi semua,tetap semangat dan sukses buat anda semua,terima kasih.

Problem Tv SHARP C-14V20MS

Siang tadi dapet panggilan service tv ke Ds.Jonggrang,sumber agung Kec.Barat Magetan,di rumahnya P.Mudjiman,memperbaiki tv SHARP type C-14V20MS dengan kerusakan tv tidak bisa bertahan lama hidup,jadi setiap 5 menit atau 15 menit pasti mati total bukan standby.Karena tv tergolong baru saya berpikir mungkin hanya kondisi solderan aja yang mulai memburuk sehingga tegangan tidak stabil,lalu saya solder ulang di bagian yang rentan panas seperti di bagian regulator,horizontal,vertical dan juga blok RGB.Kemudian saya coba tes dan berhasil(pikir saya)kemudian tv pun saya tutup dengan casing box belakang dan saya coba nyalakan lagi dan menunggu reaksinya,5 menit 10 menit terlampaui menginjak 15 menit tv MAK PET alias mati total tanpa nyala led indikatornya,coba dihidupin lagi nggak bisa,harus menunggu 1 sampai 2 menit baru bisa di hidupin lagi dan begitu seterusnya berulang-ulang.Ketika tv mati lagi saya cek panas pada TR horizontal TT2140 dan STR W6753 bukan main panasnya,di atas normal.Kemungkinan karena panas yang berlebihan inilah yang menyebabkan STR W6753 menjadi drop,akhirnya supply tegangan terhenti yang mengakibatkan tv jadi mati total,akhirnya saya ganti saja STR W6753 dengan yang baru,dan tak lupa saya tambahkan sedikit heatsink lagi pada heatsink utama untuk sempurnanya pembuangan panas yang berlebihan,karena menurut saya heatsink utama pada STR W6753 ini terlalu kecil sehingga kurang optimal membuang panas.Untuk TR TT2140 saya ganti dengan D1651 yang lebih tahan panas,juga heatsinknya saya ganti dengan yang lebih besar lagi.Setelah itu tv pun saya tes lagi dalam keadaan tertutup lengkap dengan casing belakangnya,1 jam 2 jam 3 jam 4 jam nonstop tv pun sudah tidak rewel lagi,ya moga-moga aja awet sampai seterusnya,semoga bermanfaat terima kasih dan tetap semangat

Protek Tv SHARP Q-Vision 14S20

Alhamdulillah ya Alloh! Akhirnya kelar juga,setelah 2 hari ubek-ubek sumber permasalahan dari terproteknya tv SHARP Q-vision ini,tv ini menggunakan IC program IX3031CE dan IC IF/crhoma TB1226DN,IC vertikal LA7830 dan FBT F0101KM-SA,dimana tv ini terdapat switch untuk mengakses service mode yang letaknya di samping tuner.Pada saat posisi switch NORMAL,tv mau hidup sebentar terus mati standby terprotek,tapi begitu posisi switch pada SERVICE ON kemudian tv di nyalakan,bisa hidup terus-terusan,begitu di kembalikan ke posisi switch NORMAL,tv langsung mati standby.Semua tegangan pada tv ini normal semua,tidak ada yang error.Setelah lelah bergelut dengan permasalahan tv ini selama 2 hari,akhirnya ketemu juga biang permasalahannya,ternyata hanya sebuah transistor kecil mungil yang jadi penyebabnya yaitu Q1005 dengan seri A1015,setelah penggantian transistor tersebut tv pun bisa hidup dengan normalnya,haaaduuuuhh.........keselnya Rek......Rek!

Tv SHARP Alexander Mati Stanby

Tadi siang dapet lagi panggilan servis untuk memperbaiki tv di rumahnya bapak Dafid/ibu Harsini,Karang,Mangge,Barat,Magetan.Dengan merk SHARP jenis Alexander type 51DXF200 dengan keluhan bila di hidupkan tv tidak mau start sama sekali jadi hanya lampu led aja yang menyala terus menerus,tombol panel depan tv pun tak berfungsi dari remot apalagi! Nggak respon sama sekali.Akhirnya saya bongkar itu tv,langkah awal yang saya lakukan adalah seperti biasa penyolderan ulang terlebih dahulu di semua bagian setelah itu baru pengecekan tegangan,pada tegangan B+ yang seharusnya sekitar 116V terukur 150V,tegangan untuk Audio normal sekitar 20V,sedangan tegangan untuk 14V drop tinggal 7V saja,hmm....ada apa ini? Kemudian saya dapati heatsink untuk IC regulator 9V seri 090RD1 ini sangat panas sekali,juga untuk diode penyearah dan R pembatasnya juga sangat panas sekali,woow woow woow ada apa lagi ini? Awalnya saya kira IC regulator ini yang short,tetapi setelah di ganti dengan yang baru,masih tetep saja,panas dan panas,hmm...apa ya penyebabnya? Akhirnya saya telusuri semua komponen yang berhubungan dengan output dari IC regulator tersebut,akhirnya saya dapati sumber permasalahan berasal dari rangkaian Stereo/Surroundnya letaknya di pinggiran PCB utama,dengan soket dan posisi berdiri,ketika PCB mungil ini saya cabut dari soketnya,tv pun bisa hidup normal,tapi bila saya pasang kembali,langsung stanby.YESS akhirnya ketemu juga sumber errornya,yaitu IC jenis SMD dengan type MZ-01E,tapi sayang sekali di pasaran belum ada IC jenis ini,tanya SHARP SERVICE CENTRE MADIUN belum ada stock katanya,Haduh haduh haduh iki piye? ya udah akhirnya saya potong aja L3501 yang terhubung dengan VCC IC tersebut dan ku coba hidupkan tv,hmm...tv bisa hidup tanpa cacat gambar,dan suara juga normal tapi mono he he nggak apa-apalah yang penting kan keluarga Pak Dafid udah bisa menikmati tvnya kembali,OKEY sukses buat SEMUANYA!!!

TV Sharp Wonder Gambar Redup

Siang tadi dapet service tv Sharp type 20W200 dengan kerusakan mati total (LED tidak menyala).setelah di lakukan pemeriksaan saya dapati fuse putus dan STR F6654 nya short,dan 2 buah resistor R725 = 560K dan R723 = 680K dalam keadaan melar nilainya.Setelah pergantian 4 komponen tersebut,tv pun saya coba nyalakan dan Mak ByAAAk….tv hidup kembali . Setelah tv hidup muncul masalah baru yaitu gambar yang di hasilkan kurang kontras (redup sekali),dan juga gambar akan goyang jika volume tv di tambah sedikit,lebar gambar pun kurang penuh sisi kanan kirinya,hmmmmm…..apanya lagi nih? Kemudian saya lakukan pemeriksaan pada semua tegangan diantaranya : - tegangan B+ yang seharusnya sekitar 115V turun menjadi 102V - tegangan 16V dari FBT turun tinggal 12V - tegangan 8V turun jadi 6,5V - dan tegangan 5V turun menjadi 4,3V Kemudian saya lakukan pemeriksaan di semua bagian output regulatornya,saya cek 1 per 1 elco dan zener diode pada bagian tersebut tidak ada satu pun yang bermasalah,kemudian pengecekan saya kembalikan lagi ke bagian regulator acmaticnya ,saya telateni lagi 1 per 1 komponen yang mencurigakan dan akhirnya saya dapati sebuah diode yang short yaitu D705 = K6 17 (tertulis di bodynya) dalam keadaan konek alias short,setelah saya ganti diode tersebut dengan yang masih normal tv pun saya coba nyalakan lagi dan Alhamdulillah gambarnya pun normal kembali,kontras gambar pun maksimal dan gambar pun tidak goyang-goyang lagi jika volume tv di tambah,dan yang pasti semua tegangan lancer terkendali hehehehehe……..SUKSES BUAT SEMUA!!!!!!!!!!

TV SHARP Alexander Type 21PXF200MK2 Cacat Raster

Tanggal 13 February kemarin dapet servisan tv Sharp Alexander type 21PXF200MK2 dengan kerusakan raster hanya beberapa centimeter saja di tengah-tengah layar di sertai dengan raster yang bergelombang (seperti pada gambar di atas). Karena kasus ini baru bagi saya,agak bingung juga jadinya hehehe....Awalnya saya mengira kerusakan pada aisy vertikalnya,tapi setelah pergantian tidak menunjukkan hasil apa-apa,saya reboisasi semua elco-elco,R,D,C tetep tak ada perubahan sama sekali,aduuuuuuuuuuuuh......sampai mumet 7 keliling weleh weleh weleh.Akhirnya kasus ini saya angkat ke Forume Kang Zaenal Alias Si Ndowie Katrox wakkakakakaka.......huuuuuuuuuuu.....!!!! Di sana thread saya di keroyok rame-rame sama temen-temen,yang mungkin memang sudah pernah menangani kasus seperti ini,dari masukan temen-temen semua mengarahkan saya pada defleksinya,hmmmm..... oke patut di coba nih,tv pun saya nyalakan beberapa saat,kemudian saya rasakan(pegang) kumparan defleksi bagian vertikal atas,hmmm...dingin-dingin saja,tak ada tanda-tanda overheating,kemudian ganti kumparan vertikal bagian bawah yang saya pegang,di sini ada kelainan,jika saya pegang seperti ada loncatan-loncatan listrik kecil ke jari-jari saya,beda ama kumparan vertikal bagian atas.Karena penasaran defleksi langsung saya lepas dari CRT,dan langsung saya bongkar pelan-pelan kumparan bagian bawah vertikal tersebut.WALHASIL benar ternyata kumparan defleksinya agak sedikit terbakar dan ada yang putus tapi nggak begitu parah terbakarnya,jadi masih bisa di perbaiki :D.oooooo.....pantesan nggak ketemu-temu la wong terbakarnya aja ngumpet di bagian dalemnya weleh weleh weleh.OKE buat temen -temen di Forume Ndowie terima kasih atas pengarahan dan petunjuknya,sekali lagi terima kasih terima kasih terima kasih! THUMBS UP.

TV SHARP Qbeat ada suara dan OSD tapi tak ada gambar


Sore tadi dapet panggilan service tv di desa Rejomulyo kecamatan Kartoharjo,sesampainya di TKP tv langsung saya ONkan sebentar untuk mengecek keluhannya,dan keluhan pertama adalah ketika tv di ON kan led indikator nyala merah,tekan tombol POWER di remot led indikator nyala hijau sebentar terus balik nyala merah tanpa kedip sama sekali,di tekan tombol POWER di remot sudah nggak respon lagi,hmmmm.....okelah!
Bismillahir Rohman Nirrohim......tv langsung saya bongkar,tv ini menggunakan aisy single TDA9381PS/N2/1/0747 (IX3368CEN6),aisy vertikal TDA8357J dan STR F6653,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di B+ nya ketika posisi led indikator nyala hijau sebentar,dan hasilnya ada tegangan 115V,ukur transistor horizontal D1877 nya juga masih oke,ukur tegangan 180V ketika led indikator nyala sebentar 0V,ukur H/T juga 0V,tegangan 40V vertikal juga 0V,naaaaaah........FBTnya nggak beres nih! lalu saya copot FBT dari mainboardnya,saya teliti di sekeliling bodynya ternyata memang mau njebrot,langsung aja kabur ke toko Barokah Elektronik ndilalah stock habis,akhirnya F0193PEN1-SA saya ganti dengan F0101KM-SA.
Setelah FBT terpasang kemudian tv saya ON kan dan m@k CRAAAAK.....tv langsung nyala,OSD sudah nongol, suara juga oke,tapi gambarnya kok nggak nongol ya? waduh cilekek iki.....
Akhirnya dapet keluhan yang kedua deh hehehehehe.....ada suara tapi nggak ada gambar! Hmmmm....akhirnya teringat kasus tv Sony yang kemarin.lamgsung saja saya ukur pin ABL FBTnya dan Masya Alloooooh.....ternyata nggak ada tegangan sama sekali alias 0V,ck...ck...ck...ck....ck...ngejar maling tegangan lagi deh hihihihihihi.........setelah berburu di dapati R609 dalam kondisi hangus,buka skemanya di ponsel dan ternyata R609 senilai 15K,langsung ganti dengan yang baru,kemudian tv saya ON kan dan gambarpun langsung nongol,Alhamdulillahir Robil Alamin........kemriuk juga ternyata hehehehehe......... Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi rekan-rekan dan SUKSES buat sampean-sampean SEMUA!!!!

TV SHARP Alexander Pro gambar putih polos tanpa OSD

 Beberapa waktu yang lalu dapat panggilan servis tv di rumahnya Mbak Yeni desa Blaran kec.Barat,Magetan.TVnya merk SHARP jenis Alexander Pro dengan type 29PXR500,adapun keluhannya ketika tv di ON kan yang tertampil di layar hanya gambar putih polos tipis tanpa OSD.
               Pengecekan awal saya lakukan pada pin IK di IC851 = TDA6107AJF nya,karena tv ini menggunakan IC tersebut untuk driver RGBnya,dan saya dapati tegangan di pin IK normal saja,kemudian beralih ke pin-pin katoda RGBnya dan alangkah terkejutnya saya karena ternyata tegangan di masing-masing katodanya pada drop semua,hanya tinggal 37V saja.
               Kemudian saya cek fisik pada IC TDA6107AJF tersebut dengan menyentuh heatsinknya,ya ampuuuuun............la kok mung anyep njejet ngene yo? ternyata si TDA6107AJFnya telah wafat dan pergantian pemain pun di lakukan dengan type yang sama dan siap untuk di test,dan akhirnya m@k BYAAAAkk......gambar pun muncul dengan sempurnanya hehehehehe...!!!

skema 1

TIPS CEPAT REPARASI TV SHARP


TIPS CEPAT REPARASI TV SHARP

Tutorial kali ini membahas bagaimana menghadapi masalah /problem pada TV sharp (silver box series ) secara lebih cepat dan menghemat waktu.Dan juga sebagai jawaban langsung atas email pertanyaan dan permintaan dari saudara rudy (sania_rudy@yahoo.co.id)
Langsung pada inti pembahasan :
Setiap kali anda mendapat tv sharp untuk di reparasi.Pertama anda harus bersihkan dulu mainboardnya dengan sikat atau kuas yg dipotong sekitar 2cm,untuk melihat dan memastikan adanya titik solder yg tidak baik,karena titik solder yg kendur akan tergerak dan dapat anda lihat dengan jelas.Gunakan cairan thinner high gloss ( berkualitas bagus dan cepat kering ) untuk membersihkan kotor atau noda pada mainboard.
Setelah bersih,periksa semua titik solder di bagian : Vertikal-Regulator/power supply-Flyback.blok ini adalah yang paling sering terjadi kerusakan titik solder karena panas yang ditimbulkannya.terutama periksa solderan pada bagian kaki IC vertikal dan resistornya.Hati-hati dalam proses pengerjaan ,karena bagian ini sensitif,walaupun power sudah anda matikan masih tersisa tegangan pada elco suplly vertikal ( C:470uf/63v).
Ganti IC vertikal jika memang anda yakin rusak atau juga di tandai dengan berubahnya warna resistor vertikal.kerjakan dengan teliti.
Coba nyalakan pesawat TV dan perhatikan,jika masih tidak mau start secara normal ,ikuti langkah berikut ini:

Jika nyala led berwarna merah ke hijau dan berhenti menjadi kuning,kerusakan terjadi pada IC memory (24c04-24c16),ganti dengan yg baru.Setting kembali parameter di dalam servis menu.
Jika led berwarna merah terus mati,kerusakan terjadi pada IC utama ( TDA 938psxxx ) atau kehilangan tegangan 3.3volt pada regulator,cek bagian power supply.
Jika berwarna hijau atau merah berkedip-kedip,ada kesalahan dalam IC memory ( internal error ),anda dapat mereset ulang IC ini atau menggantinya ( tips mereset IC memory sharp akan di tampilkan pada tutorial khusus ).
Jika led berwarna hijau selama 5-10 detik dan kembali merah,ada kegagalan pada bagian horisontal,periksa flyback ( cabut dan ukur dengan multimeter skala 10k pada kaki ground dan kaki yg menuju kolektor TR.output horisontal,jika bergerak meskipun sedikit berarti flyback sudah short.Juga periksa tegangan 180V untuk blok RGB,biasa terjadi kerusakan pada resistor pembatasnya .
Jika led tidak menyala sama sekali ,periksa bagian input power supply,cek STR 6553/6554.ganti jika rusak dan jangan lupa periksa resistor pembatasnya (6.8/10watt).
Pada proses pergantian IC STR 6553/54 periksa semua dioda terutama 2 buah dioda bagian pojok,ganti dengan yg asli ,jika tidak STR dipastikan akan rusak kembali,dan ini sering terjadi.Bila anda tidak mendapatkan dioda yg bertype sama ,ambil dua buah dioda IN4007 disambung secara seri dan dipasang untuk menggantikan setiap satu buah dioda tersebut.
Kesimpulan :

TV SHARP yang menggunakan IC utama seri TDA 938PSxxx,umumnya dan sering terjadi kerusakan pada : SOLDERAN YANG KURANG BAGUS, IC VERTIKAL, IC MEMORY,FLYBACK dan REGULATOR.

kerusakan pada IC memory adalah bermacam-macam,ada yang karena rusak dan ada pula karena error.Pada kasus yang disebabkan karena error atau corrupt,dapat kita atasi dengan masuk kedalam menu servis.
Dilain kasus ,untuk Sharp seri black box yg menggunakan IC utama TDA 8361/8362.kerusakan standby sering terjadi pada bagian regulator 9V,ganti IC 7809 beserta kapasitor dan dua resistor kembarnya (18 ohm).periksa apakah elco 100-220uF/160Volt-nya tidak kembung.Periksa IC vertikal dan TR horisontal serta perbaiki semua titik solder.Dan tips untuk type ini jika terjadi protek atau tv tidak mau start dan hanya pada posisi standby.Lepaskan solderan pada kaki tengah IC reset program yaitu IC KIA 7045 ( putuskan jalur ground-nya) .IC ini berfungsi memberi tegangan 5volt pada pin reset di IC program (pada type SHARP 51R500) nicam/IGR nomor komponen ini : IC1003 (KIA7405).

SHARP NEW GAMMA FLAT PROBLEM

Pada seri NEW GAMMA ini sharp berlayar FLAT ,mempunyai regulator dengan komponen utama STRW 6754.Menggunakan FBT dengan type : BSC25-0232A.Disini saya mengambil contoh pada type SHARP 51AF200MS.
Yang mempunyai keluhan yg menurut saya sangat menjengkelkan ,yaitu pesawat TV tidak pernah bertahan lama,jika sudah panas ,pesawat TV ini akan mati (standby ) dengan sendirinya setelah beberapa puluh menit lamanya.Terkecuali apabila casing belum terpasang /di tutup,tv dapat bertahan hidup terus dalam waktu lama.
Kesimpulan nya,jelas ada komponen yg sudah lemah.berdasar hasil try and error saya akhirnya mendapatkan jawaban untuk menyelesaikan kasus ini.
Solusinya adalah :ganti STR 6754 dan TR HOR.OUT ( TT2140) .kedua komponen ini suhunya sangat panas sekali terutama TR hor out nya.
Untuk menghindari keluhan terulang kembali ,sy mengganti tr :TT2140 ini dengan BU2508F berikut dengan memberinya heatsink yg lebih besar,dengan maksud pembuangan panas pada komponen ini dapat terjamin.
Mudah-mudahan berguna bagi anda.

KERUSAKAN TV KERUSAKAN TV SHAP

Suatu sore datang seseorang orang  yang bernama ziko ,membawa sebuah proyektor (LDP)bermerek:SHARP model XG-MB55X-L dengan keluhan mati total,led indikatornya juga tidak menyala/standby (keluhan yang umumnya sangat disukai para teknisi).Tapi tidak semua perangkat demikian mudah adanya..
1.Buka lima buah baut di bagian bawah,empat di sisi pojok,satu ditengah
2.Buka tutup/casing atas,terlihat board control panel.
3.Buka empat baut pada setiap pojok blok regulator dari atas,angkat sedikit dan buka satu baut casing metal yg terletak di pinggir.
4.Lepaskan semua sambungan soket2 ( 4 untuk blower,1 power cord,1 circuit protektor,1 output regulator)
5.Angkat blok/modul kontrol panel secara hati2,karena berhubungan langsung dgn blok DSP lampu.
Tentu yang pertama kali saya cek adalah blok power suplly; kondisinya ternyata fuse-nya masih normal,Pertanda bahwa TR/IC switching regulatornya tidak short.
Blok regulator ini terbagi dua,satu untuk rangkaian blok utama/mainboard dan blok untuk supply lampu .
Setelah di amati ternyata regulator untuk sistem standby nya tidak bekerja,dari hasil pengukuran ternyata regulator ini menggunakan IC STR W6575 untuk sistem standby-nya.
Meski terlihat tidak ada komponen yg short/terbakar,pergantian IC STR ini beserta Resistor pendukungnya dan beberapa elco kecil (10/35-22/35)..membuat perangkat ini dapat "start " kembali..
Tapi tunggu dulu, setelah semua terpasang rapih kembali,perhatikan ketika kabel power cord anda masukan tegangan/PLN,bagaimana kondisi nyala led indicator led Standb-nya?..
  1.Bila masih belum menyala ,coba pastikan posisi circuit protektor-nya ( terletak di bagian depan sebelah      lampu berwarna merah,bila terprotek,cukup tekan kembali tombol merah kecilnya
 2.Bila led merah berkedip-kedip terus /flicker ,periksa apakah semua soket terpasang dengan benar,terutama soket yang menuju lampu (AN-XR20LP) dan blok DSP (Digital Signal Prosessor)
  3. Bila led berwarna hijau ,kembali ke merah,periksa rangkaian blok lampu,elco blok regulator.
Selebihnya anda hanya menunggu keluarnya tampilan seperti ini pada tembok anda.

Catatan,jangan sekali-kali anda mencabut kabel power cord ketika anda mematikan/shut down  LDP ini sebelum led indicator standby berwarna merah,meski lampunya telah mati.
  Bila anda bermasalah dengan komponen terutama IC nya ,ada baiknya anda hubungi vendornya,kecuali lampu dapat anda gantikan (bila terpaksa) dengan merek Ben-Q.
semoga bermanfaat...

KERUSAKAN TV LG TV LG Ultra Slim 14FU7AB



Tv ini ketika pertama kali dinyalakan, lampu led merah menyala sebentar kemudian mati, cek teg B+ 115V keluar sebentar kmd drop, ditemukan optocoupler TLP 817 soak, setelah diganti, led power nyala normal, teg B+ 115V normal, teg sound normal, teg 9V normal, tp teg +5V drop, layar garis horisontal, ini mengindikasikan bahwa blok vertikal tidak bekerja, ditemukan IC sound soak LA 42071, setelah diganti, teg +5V normal dan blok vertikal normal, tp gambar terlihat redup.
Ampun deh TV ini bikin aku ambil nafas puuuanjang, mulai lagi pencarian, akhirnya ditemukan dioda D501=1N4148 bocor, zener ZD 401=9V1 bocor, kedua dioda ini terhubung ke kaki Abl flyback, setelah diganti gambar jadi terang normal, tp masih ada lagi kerusakannya yaitu OSD tidak keluar, ampuuuuuun.....
akhirnya permasalahan terakhir selesai setelah mengganti IC program type LG631 9R, kebetulan dapat yg orisinil, kelar deh....

TESTER MOSPET

ANTENA BUSTER TV

Booster, Preamplifier atau penguat sinyal, mungkin masyarakat sudah banyak yang kenal terutama untuk Booster TV. biasanya banyak yang kurang puas kalau antena TV nya tidak dilengkapi dengan Booster.
bagi yang suka eksperimen atau hobby elektronika, silakan coba saja proyek elektronika yang satu ini. rangkaiannya tidak terlalu rumit. lumayan kalau jadi kan bisa dimanfaatkan untuk antenna TV UHF di rumah.
UHF antena booster ini dapat digunakan untuk tujuan penerimaan yang lebih baik, terutama jika Anda jauh dari stasiun TV / pemancar relay.   booster antena UHF ini bekerja di kisaran 400-850 MHz.
Berikut ini adalah diagram rangkaian booster antena UHF:


Rangkaian hanya menggunakan satu transistor, dengan penguatan antara 10 hingga 15 dB, cukup

CARA TES TABUNG TV

Saya beberapa kali menemukan kerusakan pada tabung CRT salah satunya shortpada G2 (screen) dengan G1. Pada awalnya saya hanya uji coba (untung – untungan).
Sembuh ya bershukur Mati ya sudah. Akhirnya cara yang saya pakai ternyata berhasil.
Uji coba yang saya lakukan pada tabung CRT LG 21″ flat. Sudah berjalan satu tahun, dan sampai sekarang masih baik baik saja
clip image001 Tips ukur CRT TV
caranya sangat mudah :
-Sedot solderan soket CRT (pin G2/screen)
-Lepas kabel fokus dari soket CRT
-Nyalakan TV dan masukan kabel / tegangan fokus ke pin G2 , kira-kira satu detik saja .
-Matikan TV dan ukur (dengan skala x10K) masih ada induksi atau tidak, kalau masih ada bisa di ulangi lagi.
Atau anda juga bisa mencoba untuk memastikan kondisi CRT dengan cara:
1. Heater/filamen crt disupply tegangan kurang-lebih 4 volt(ac atau dc sama saja).
2. Ukur dengan avometer (posisi pada 1kohm):
-colok hitam avo pada G1 colok avo merah pada KR
-coloh hitam avo pada G1 colok avo merah pada KG
-colok hitam avo pada G1 colok avo merah pada KR
3. Semakin kecil nilai ohm yang ditunjuk jarum avometer, semakin bagus kondisi crt.
Anda juga bisa melihat artikel trik pada layar CRT di artkel Trik CRT.
Apa anda juga memiliki referensi CRT

OSD HILANG

Sore tadi dapet panggilan service untuk memperbaiki tv jadul yang sudah di ganti mesinnya dengan mesin tv china WCOM,dengan keluhan gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar,di samping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar,di tambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
 Seperti biasa tv china ini menggunakan aisy program LC863532B 54D5 dan aisy kroma LA76810A,langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja,beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah,tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya,saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru,kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?
Yaaaah....kalau memang sudah rejeki nggak akan kemana,Ahamdulillah ya ALLOH....Amin
Semoga bermanfaat dan SUKSES buat sampean SEMUA........!!!!

TV CINA GX BISA NAGKAP SIARAN TV

Kemarin siang dapet panggilan service untuk memperbaiki tv china yang nggak bisa menangkap chanel dari beberapa siaran stasiun tv,jadi ketika di lakukan auto search/manual search/fine tuning tv tidak ada chanel yang tertangkap sama sekali,ketika search berlangsung,raster noise salju(red.raster kepyur) nggak ada,yang ada adalah hanya layar hitam gelap dengan OSD dari proses searching saja yang nampak.
TV ini menggunakan IC kroma LA76810A, IC program LC863532C 55P9,IC vertikal LA78040,melihat gejala yang ada nampak jelas kalau rangkaian IF belum bekerja karena di tandai dengan hilangnya raster noise salju/raster kepyur,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di semua Vcc yang masuk ke IC kromanya,antara lain di pin 8=5V,pin 18=8V,pin 25=5V,pin 31=5V,pin 43=5V,naaaaaah di pin 8 inilah si tegangan 5V nya absen nggak tahu lagi keluyuran kemana,setelah saya telusuri eeeeeee......ternyata lagi di palak sama L102 di pintu gerbang Vcc IF nya hehehehe.......setelah saya ganti pemalak tegangan L102 tersebut dengan R 0,47ohm,boleh masuklah tegangan 5V tersebut ke pintu gerbang Vcc IFnya,dan akhirnya setelah TV di ON kan,para chanel siaran tv pun pada bermunculan semua,hehehehehe.......senangnya hatiku dapet bayaran lagi kikikikikiki...........
SUKSES buat sampean-sampean SEMUA.....................

TV CINA MATI STANDBAY

TV China yang kerusakannya mati standby. Tv ini menggunakan IC tunggal buatan Toshiba dengan seri 8873CSCNG6PR6 HAY-22,setelah saya lepas tutup box belakangnya,tv saya nyalakan beberapa saat untuk mengecek reaksi di beberapa bagian,terutama di bagian horizontalnya,di bagian ini saya dapati heatsink Tr horizontal panas sekali,seperti reaksi bila FBT mengalami kerusakan,awalnya saya juga berpikiran begitu tapi kok akhirnya jadi ragu-ragu sendiri hehehehehe.... Akhirnya FBT saya lepas dan saya cek apakah short ataukah tidak,ternyata emang masih baik-baik saja wiiuuuhh...hampir saja tertipu aku. Kemudian FBT pun saya pasang lagi dan tv saya nyalakan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab sesungguhnya panas berlebih pada heatsink Tr horizontal ini,walhasil penyebab sesungguhnya ternyata pada V303=D2012,di mana body TR ini juga di sekrupkan ke heatsink Tr horizontal,jadi jika kita kurang teliti pasti akan mengira sumber panas berlebih adalah dari Tr horizontal,padahal tidak! hehehehe........ Setelah penggantian TR V303=D2012 tersebut,tv saya coba nyalakan dan MAK THUUUUSSSS....transistor V303 tersebut langsung pecah,waoooww....ada apa lagi ini(pikirku),petan -petan lagi di seputar rangkaian horizontalnya,dan di dapati ada sebuah diode VD435=FR309 dalam keadaan short,diode ini terhubung dengan kaki kolektor TR horizontal dan terparalel dengan 2 buah C volt tinggi,wiuuuuh.... Setelah pergantian 2 pemain tersebut,tv saya coba nyalakan lagi dan MAK NYOOOSSSS.....horeeeeee.....berhasil GUY'S! Saya periksa panas pada heatsink nya sudah nggak berlebihan lagi,tutup box belakang tv pun saya pasang dan di atur di rak tv,dan saya tes sekali lagi selama 1 jam,ternyata sudah tidak ada error maneh,yo wis lah Alhamdulillah di teruske totalan lalu bayaran maning hehehehe.....SUKSES BUAT SEMUA.

SET MODE TV SHAP

menu auto/manual search chanel tidak bisa di akses,juga menu CH-SETTING.Kerusakan seperti ini ditandai dengan menu CH-SETTING yang berubah warna menjadi ungu dimana normalnya hijau.Sebenarnya hal seperti ini karena fungsi HOTEL MODE pada tv dalam posisi ON/aktif sehingga secara otomatis menonaktifkan fungsi AUTO/MANUAL/CHANEL SETTING.
toshiba gambar noise1 HOTEL MODE pada Tv SHARP
Mungkin anda secara tidak sengaja mengkombinasikan tombol unik dengan remote control karena remote tertindih badan anda waktu ketiduran menonton tv,atau mungkin karena remote control dibuat mainan oleh balita anda.Untuk mengatasi masalah ini ikuti langkah-langkah berikut:pertama gunakan remote control dan tekan tombol MENU gulir ke FEATURE gulir lagi ke BLUE BACK posisi ON kemudian tekan dan tahan tombol -/– selama 5 detik,kemudian masukan password 1379 kemudian tekan tombol V+ untuk menonaktifkan HOTEL MODE.
Cara ini untuk tv Sharp Wonder/Universe yang sudah memiliki fitur STEREO,sedangkan untuk fitur MONO melalui langkah berikut:gunakan remote control dan tekan tombol FUNCTION berulang-ulang sampai di LANGUAGE set ke ENGLISH lalu tekan tombol -/– dan masukkan password 1379 lalu non-aktifkan HOTEL MODE dengan menekan V+. Dengan langkah-langkah di atas, permasalahan susah mengakses AUTO/MANUAL/CHANEL SETTING pun bisa teratasi,semoga bermanfaat bagi rekan-rekan teknisi semua,tetap semangat dan sukses buat anda semua,terima kasih.

SHOT KATODA DNG G1 TV


Kadangkala kita dapat servisan tv yang kerusakannya berupa tv bisa hidup normal,suara juga normal hanya saja layar tiidak menampilkan gambar alias blank dengan warna tertentu dengan disertai line-line horizontal di seluruh bagian layar CRTnya,hal ini di sebabkan karena katoda short terhadap G1,bila yang short katoda merah(R) maka layar akan blank berwarna merah di sertai line-line horizontal,bila yang short katoda hijau(G) maka layar akan blank berwarna hijau disertai line-line horizontal,bila yang short katoda biru(B) maka layar akan blank berwarna biru disertai line-line horizontal.Trik yang biasa saya lakukan bila mendapat kasus seperti ini adalah dengan memberi tegangan tinggi sesaat pada katoda yang bermasalah yaitu dengan cara ambil seutas kabel kira-kira 50cm yang di salah satu ujungnya sudah kita tambahkan jepit buaya dan yang ujungnya lagi kita kasih bekas 1 pin soket CRT biar mudah pemakaianya,kemudian tarik soket blok RGB dari CRT,tancapkan/tusukkan kabel yg sudah bersoket tadi ke katoda yang bermasalah,sedangkan ujung kabel yang sudah berjepit buaya tadi kita jepitkan ke ujung obeng minus yang sudah kita selipkan ke dalam kop tudung anoda,lalu hidupkan tv sebentar saja mak crrrrrtttt.....kemudian lepas lagi kabel dan obeng tadi dan pasang kembali blok RGB soket ke CRT dan coba hidupkan tv untuk melihat hasilnya,bila belum berubah ulangi langkah di atas,bila sudah normal,berarti pekerjaan sudah selesai.Metode pemberian tegangan tinggi sesaat seperti ini juga bisa digunakan pada short G2/fokus terhadap G1,dan Alhamdulillah selama ini 90% berhasil,tapi perhatian buat rekan-rekan yang masih pemula ya DON'T TRY THIS AT WORK,VERY DANGEROUS! hehehe...Sukses Buat Kita Semua

TV polytron mati total standby

Cara perbaiki tv untuk tv politron sering sekali saya mendapatkan  tv politron dengan kerusakan mati standby . setelah saya periksa  komponen dan rangkaian nya baik tapi tidak mau hidup .  lalu saya periksa tegangan yang menuju ke oscillator horizontal ternyata  setelah di on tv tersebut  biasa  sekitar 6 sampai 7 volt  tapi ini malah  turun sampai 4volt ya…. Jadi tidak bisa hidup sebab kurang dari 6 volt  mungkin juga arusnya kurang dari semestinya .
Bagaimana cara mengakalinya ….? Elconya saya sudah ganti tapi belum juga naik tegangan nya . lalu saya ambil saja IC  8 volt yaitu 7808  ,  lalu saya ambil kaki input IC tersebut saya hubungkan  ke power suply tegangan  12 volt atau lebih dan kaki output nya saya hubungkan kekaki IC oscillator horizontal ( hor vcc ) yang sebelumnya  sudah saya putuskan  jalurnya  .
Terus saya on kan lagi tv tersebut ternyata tegangan yang ada sekarang tetap tidak turun  sekitar 6 sampai 7 volt . maka hiduplah tv tersebut  .
Ini lah pengalaman  saya  untuk servis tv politron yang sering saya  dapatkan  kerusakan  tv politron  mati stanby .
Adakah pengalaman anda…… ? tulis dikolom komentar . untuk lebih lengkapnya lihat juga websiteku di servisetv.com

TV cina gambar kurang penuh kiri kanan atas bawah

Untuk servis tv china sering sekali saya menjumpai elco yang rusak , terutama bagian sekunder power supplay biasa nya elco yang tegangan tinggi missal nya 160 volt atau 250 volt juga IC vertical nya mungkin karena heat sink nya dipakai untuk IC vertical dan power horizontal
Tanda IC vertical rusak jikalau resistornya putus atau terbakar pasti IC vertical nya rusak kemung kinan tegangan Vcc 24 volt nya melebihi dari 24 volt .
Untuk gambar seperti tv lawas warnanya keluar atau gost itu biasanya rusak elco yang 250 volt nya yang kejalur katode CRT ( RGB ) dan banyak lagi masalah –masalah kerusakan tv buatan china itu .yaitu transistor horizontal , capasitor yang tegangannya tinggi 2KV
Yang penting anda harus teliti dan tidak gampang menyerah , ikuti terus artikel – ertikel lain nya di cara servis tv dari saya untuk anda , beri tahu teman bila ini bermanfaat. Tuggu ebook nya yang belum selesai . untuk melengkapi artikel ini anda boleh tulis komentar mengenai kekurangan artikel ini . lihat juga artikel saya yang lebih lengkap di servisetv.com

cara menentukan flyback rusak ( FBT )

Gejala flyback rusak antara lain adalah :
      
        – Tr horisontal diganti baru langsung jebol
        – Tegangan B+ drops
        – tegangan keluar dari fbt  tidak ada. Biasa diode didalam fbt short alias rusak
Sebenarnya ada  suatu alat yang dapat digunakan untuk mengetes apakah flybak rusak atau tidak . Lain kali insya ALLAH saya jual alat tes fly back .
Tetapi saya punya pengalaman yang selalu saya lakukan untuk memastikan apakah flybak rusak atau masih bagus, sebelum mengganti transistor horisontal. Yang diperlukan hanyalah  sebuah multimeter digital yang akurat / cepat dapat dilihat langsung tegangan basis transistor horizontal maupun tegangan di driver nya , tapi pakai multi meter analog juga bisa kok….Cuma susah melihat nya .
Caranya adalah sebagai berikut.
  • Putuskan  hubungan antara flyback dengan kolektor transistor horisontal-out. Dengan cara solderan disedot dari printed board sehingga benar-benar putus hubungan nya
  • Pasang ac volt-meter antara basis dengan ground transistor horisontal out.
  • Hidupkan pesawat sebentar saja – harus ada tegangan ac sekitar 1v. Hal ini dilakukan adalah untuk memastikan bahwa horisontal osilator dan horisontal driver sudah kerja.
  • Ukur tegangan di basis tr driver horizontal harus ada 0,3~0,4 volt DC , bila anda sudah cek semua ternyata ada kemungkinan flyback rusak
Ini aja dulu sedikit pengalaman saya untuk memeriksa fbt rusak apa tidak .
dengan gejala tr horizontal jebol terus , tegangan VCC drop dan tegangan keluar dari fbt tidak ada.
Semoga bermanfaat untuk anda.

TV Toshiba strip lama-lama penuh

TV Toshiba memang tv yang agak susah spareparts nya dan juga tidak gampang servis nya , kalau tidak berpengalaman bisa gagal .
Saya pernah servis tv Toshiba yang gambar nya strip lama –lama penuh , kurang lebih setengah jam baru penuh .
Saya sudah cek bagian rangkaian IC vertical nya baik semua kecuali saya cek output vertical nya memang berubah tapi lama kelamaan normal . setelah saya berpikir sejenak , mungkin bagian oscillator vertical nya , ternyata benar ada satu lagi elco yang belum saya cek yaitu elco 2,2 / 50 volt nya berubah nilai , tapi lokasinya ada dibawah PCB atau chasis . lalu saya ganti elconya , ternyata benar tv langsung saya hidupkan langsung penuh .
Saya saran kan untuk penggantian elco tersebut anda ganti dengan elco yang bagus jangan yang abal-abal kalau tidak nanti ada masalah lain .
Demikian pengalaman saya servis tv Toshiba . untuk lebih lengkapnya lihat juga di servisetv.com
semoga bermanfaat .

TV LG mati total standby

servis TV hidup sebentar , sebelum keluar sinar sudah stanby kembali , kerusakan ini memang sukar diterka letak kerusakan nya .
Untuk mengatasi kerusakan ini coba anda putuskan teg Vcc rangkaian demi rangkaian , misalnya rangkaian suara , coba anda hidup kan tanpa rangkaian suara bila hidup berarti rangkaian tersebut ada kerusakan .
Anda harus mencoba putuskan satu persatu rangkaian sehingga anda berhasil .insya ALLAH berhasil..
Ini pengalaman saya sewaktu saya sedang servis TV LG , saya putus kan kabel yoke untuk bagian horizontal lalu saya hidupkan ternyata hidup tapi ada garis putih dari atas ke bawah yang menandakan hubungan yoke horizontal terputus , begitu saya cek memang benar ada salah satu condensator yang volt nya besar 2 KV putus dekat flyback lalu saya ganti langsung dan saya sambungkan kembali kabel yoke yang saya putuskan tadi .
saya hidupkan TV LG tersebut ternyata byaaaar aja oke , lalu saya minta ongkos servis TV dan spareparts seratus lima puluh ribu aja bagaimana……..ini saya kerjakan hanya kurang lebih 2 jam .
Demikian pengalaman saya , untuk lebih lengkap lihat juga di servisetv.com semoga bermanfaat .
semoga bermanfaat .

perbaiki tv mati standby

Untuk kerusakan tv ini sebenarnya banyak kemungkinan misalnya :
Rangkaian control dan IC nya lembab atau kotor.
Power supply tidak bekerja maximal ( lemah )
Tuts nya ada yang short . kotor
Rangkaian  osc dan driver horizontal  tidak bekerja . atau ada yang rusak
Ini yang banyak terjadi ada salah satu rangkaian yang bermasalah atau rusak jadi protect
Bagaimana cara memperbaiki tv tersebut ?
Kita parbaiki aja yang gampang-gampang dulu seperti  membersihkan  rangkaian control dan sekitar IC control dengan kwas dan tener lalu keringkan . coba…hidupkan
Kalau belum ok solder ulang kaki-kaki IC control dan IC prosesornya ,dan juga rangkaian nya ,  hati-hati jangan sampai ada kaki IC yang terhubung singkat ( short ) .
Coba lagi hidupkan …. Bagaimana sudah berhasil ? kalau belum..
Periksa tuts nya mungkin ada yang short , cabut dan bersihkan dengan tener rusak ganti dengan yang baru. Pasang kembali coba hidupkan ….belum juga hidup ?
Periksa rangkaian power supply teg B+ 100volt s/d 115 volt untuk 14” dan 21” .
Teg b+ 135 volt s/d 145 volt untuk 28” dan 29”.
Periksa teg  5 volt atau 3 volt  untuk teg IC control dan memori.
Biasa  elco-elco nya yang sudah lemah terutama yang tegangan nya tinggi.
Coba lagi deh mungkin sudah hidup . kalau belum hidup juga tunggu artikel berikutnya…cara perbaiki tv mati stanby bagian kedua , lihat juga blog saya yang lebih lengkap di servisetv.com
Semoga bermanfaat dan sukses .

TV buram dan Gelap

Penyakit tv sekarang ini memang jelek kwalitasnya , apalagi merk nya engga terkenal
Kadang TV anda baru beberapa tahun aja gambarnya udah gelap
kadang buram walaupun brightnes dan contras maximal ini mungkin stelan di FBT berubah
kadang  juga emisi layarnya berubah
maklum kwalitas layarTV kurang bagus
Cuma disini anda harus membuka tutup  belakang TV . ayo mari kita praktekan…..
buka tutup belakang TV lalu kita lihat ada sebuah  komponen yang berbentuk bulat tinggi
sekitar 7 cm warna hitam ada kabel merah besar
yang menempel ke tabung layer itulah yang nama nya FLY BACK atau FBT di badan nya
ada 2 buah setelan yang satu tulisan nya FOCUS gunanya untuk mempertajam gambar ,
yang satu lagi tulisannya SCREEN
gunanya untuk mengatur gelap terang ,putar kekiri atau kekanan SCREEN pelan2 sampai
gambarnya bagus terang tapi jangan sampai keluar garis tipis putih
dan putar setelan FOCUS sampai gambar tajam ,setelah terang dan tajam
Jadi deh…….. terus pasang kembali tutup belakang TV …..mantap……
Okeh gampangkan…?
Begitukan teman-teman…….he he he tolong tambahin dong pengalaman 2 teman-teman

Akira No OSD

Kemarin memperbaki Tv Akira kerusakan pada Flyback ( JY0301-0209 ), di Malang type ini sulit dicari, akhirnya saya modif/ganti dgn BSC25-4813, setelah selesai Tv langsung saya nyalakan dan gambar normal, tetapi...OSD Tidak Tampil !
Nah, apabila anda mendapati masalah seperti ini, langsung aja buang Resistor ke Ground di Basis TR H-Sync yang berhubungan dgn AFC Flyback atau Heater...! Oke, selamat m

Toshiba (Dramatic Vision) Rusak Vertical !

Pasien kali ini, Toshiba Dramatic Vision 14 inch dgn kerusakan Tv nyala cuma tampil Garis melintang dari kiri ke kanan, ini menandakan ketidak beresan pada bagian Vertikal.
Saya dibikin pusing seharian oleh Tv ini... ! Vcc Supply dan IC penguat LA 7837 serta Oscilator M52707SP tidak ada masalah !!!
Kalau anda mendapati kasus seperti ini, coba ikuti cara saya berikut:
Pasang colok AVO hitam ke Ground dgn skala DC Volt, lalu yang merah sentuhkan ke kaki 2 IC Penguat Vertical tersebut, kalau trnyata gambar langsung membuka normal berarti Resistor ke Ground di kaki 2 tadi putus...Nilainya 82k !!!

DAZZ GT618

Datang Tv merk DAZZ dgn type GT618 kondisi mati !
Saya cek TR Hor. korslet, ternyata output B+ tidak normal (180volt), langsung saya ganti 2 elco 10uF dan 47uF di bag. Regulator akhirnya normal kembali !
Setelah TR Hor. saya ganti, Tv saya nyalakan ternyata tampil Garis Hor.(Rusak Vertical), pdhal Vcc Vertical 26v normal...nah kalo anda mngalami yg seperti ini coba cek dulu Dioda dari Vcc 26v yg mnuju bag Boost Up IC Vertical TDA3653B trsebut!
Skarang gambar dah oke, tapi saat dipindah channel tiba2 pelan2 tuningnya geser sendiri...inilah yg mmbuat qu jadi upload kasus Tv yg satu ini !
Padahal kalo dituning bisa nyimpan channel, remotenya juga berfungsi...karena Tv ini mnggunakan IC Chroma seperti miliknya Polytron yaitu TDA8361 akhirnya saya buka skemanya !
Lama skali saya cari akar masalahnya, akhirnya ketemu juga...trnyata supply 5v untuk MICOM tidak stabil, langsung saya ganti 7805...beres, gambar + channel anteng dan terus dapat bayaran buat beli Kopi plus Rujak he he he !!!
Smoga bermanfaat bagi rekan2 yg seprofesi...

Semro PH-1487

Tv ini mnggunakan IC Chroma dan Oscilator V/H LA7688, datang dgn kondisi mati !
Setalah saya bongkar, steker saya tancepkan B+ dan Vcc lainya drop smua, pendingin Hor. puanas ! Stelah TR Hor. saya lepas B+ normal, saya ukur trnyata Transistor tsb bocor !
Lalu TR saya ganti, Tv saya nyalakan kembali dan.....ada suara seperti mercon kecil meletus berkali2, belum sempat mngukur smua tegangan TR Hor. langsung putus !!!
Utk mgatasi krusakan sperti ini, cob ikuti solusi saya sbb:
*** Remove Deflection Yoke, Check & Replace Capacitor 7n5 at Hor.Colector and
resolder X-tal Hor.Oscilator....!
Stelah langkah trsbut, smua saya pasang kmbali dan Tv saya nyalakan akhirnya normal kembali !
Smoga cara ini mnjadi solusi yg brguna bagi para pembaca dan seprofesi...!!!!

Toshiba 14S3E-Standby !!!

Tv ini mnggunakan IC Tunggal 8801CPN...!
Datang dgn kondisi Standby led nyala merah, saya coba tekan channel di panel ataupun pake remote gak respon !
Saya bongkar boxnya, dgn kondisi nancep semua, terukur B+ trnyata cuman 65volt...
Smua beban tak lepas tegangan hanya naik sdikit mnjadi 72volt, kcurigaan ada pada Regulator, STR-W5753A langsung saya ganti baru (di Malang seharga 15ribu) !
Stelah saya pasang, steker saya colokkan...dan, lahdalah koq saya ukur tegangannya tetap aja kira2 70volt....Apanya nih ????
2 hari Tv ini mmbikin keruh pikiran sampek sulit tidur, karena smua komponen yg brhubungan telah saya ukur oke2 aja, apanya ya kira2 ???
Kalo rekan2 mngalami Tv Toshiba (Type: 14S3E) dgn krusakan sperti ini jgn kuatir ya !
Ikuti Tips saya sbb;
Pake AVO Manual dgn skala Ohm paling tinggi, lepas lalu ukur pin 3-4 Optocoupler (Nomornya: 3171), kalo jarum AVO brgerak sdikit ke kanan (ada Hambatan) berarti ada kbocoran pada komponen ini, tidak lupa saya pastikan dgn mnggunakan AVO Digital trnyata ada hambatan sbesar 370k ohm, sharusnya tidak boleh !
Inilah yg mmbuat krjaan2ku yg laen jd trtunda, Nah stelah pnggantian komponen ini Tv langsung Clingggg, B+ nya jadi 118volt alias normal !
Oke sobat nyampek sini dulu, smoga ada gunanya........

TCL-2136S...Kacau !!!

Kasusnya begini, stelah Tv barusan nyala tiba2 muncul tulisan ”AUTO SCAN AFTER 3 SEC...”, trus mndadak pindah posisi AV, lalu Colour system berubah menjadi NTSC 358...dst-dst berganti2 ! 5 voltnya sudah terukur dgn baik.
Penyebab kerusakan sperti ini biasanya karena Eprom(24C08) kacau ataupun ada pada tombol2 panel yg berkarat shingga mnyebabkan kebocoran hambatan !!!
Tanpa pikir panjang langsung saya ganti 2 komponen tsb, Tv kuhidupkan....dan gambar bagus, tapi lho.....koq pancet yah, pusing aku, wah apaan nih !!!
Rekan-rekan kira2 pernah gak ngalamin kayak gini ??
Nah, solusinya baca baik2 ;
Open dan ukur jalur Key in, yaitu pin no 3 (Tv ini pakek Single Chip 8821...). Kalo ada tegangan dgn nilai trtentu dan diam artinya IC ini tidak rusak ! Selanjutnya ukur tegangan di semua Resistor pada jalur ini, kalo tidak stabil alias ber-ubah2 berarti ada sbagian ato salah satu resistor tsb ada yg molor ato berubah nilai, ganti aja dan ukur lagi teganganya, pasti beres......!
Okay rekan nyampek sini dulu yahhh....lanjoot kerjaanya !

Akari IC-14M78...Blanking dan Langsung Start !

Akari 14 inc ini kata yg punya sudah dibawa ke Tukang Service 3x gak ngatasi ! Mnggunakan Crhoma kayak punyae Polytron TDA8361, kerusakanya; saat dicolokkan ke listrik Tv langsung On tapi Blanking dan bergaris2, Untuk Akari Type ini sharusnya tidak demikian alias harus Standby dulu sbelum Tut Power di tekan !!!
Solusi mngatasi kasus sperti ini adalah:
** Cek 5volt dan B+ serta VCC lain harus normal dulu, Cek Output On/Off dari IC Program (saya lupa kaki brapa ?) yg mnuju rangkaian skalar Transistor(ada 2 buah) ! Kalo tut power dtekan2 di Output ini gak ada perubahan ato Tv ga bisa mati/Standby...langsung ganti aja CRYSTAL IC Program, nilainya 4.0Mghz !!!!
Lanjoooooo.....ttt !!!!

DVD Asatron 3820GA...Ganti Mesin !!!

Rekan2 yg seprofesi pasti pernah ato sering dibikin pusing oleh DVD Cina dengan kerusakan; nyala tapi diam dan panel tidak fungsi sama sekali, tulisan Open/Close juga tidak tampil !!!! Ciri DVD ini pake Eprom 25F80....apapun merknya, dan kerusakanya kbanyakan pada Eprom itu sendiri ! Saat ini Eprom tsb hampir belum ada atau emang sulit dicari !
Nah, kalo ngalamin yg kayak gini mending nggak usah diterusin alias DVD tersebut jangan diperbaiki, langsung aja ganti mesin !
Yg kubahas kali adalah masalah penggantian mesin DVD dengan Mpeg Jing Cai (di Malang 100ribu). Kesulitanya adalah cara menyesuaikan tombol2 Remote dan Panel agar sesuai dgn fungsi yg smestinya ! Karena saat beli mesin sudah ada Buku Panduannya, tapi full bahasa Inggris. Kalo anda mengerti dgn Bahasa Inggris tentu tidak ada masalah, tapi kl bahasa inggris anda waktu school dulu nilainya nol buesar ...gmana hayooo...???
CARANYA:
*Setelah semua soket tersambung dengan benar, hidupkan DVD, colokkan ke Tv, pasti anda liat tampilan Display gak karuan, fungsi remote dan panel jadi acak semua !
Pake Obeng sambung 2 pin di Mpeg yg telah disediakan untuk Setting :
1. Kalo tampil VFD Key: Prev...tekan aja Prev di panel, pasti keluar Next...tekan Next dst-dst. Kalo yg keluar tidak ada yg sesuai dgn panel tekan terus `Next` di remote sampai selesai. Untuk Finish tekan Stop di Remote sampai keluar tulisan SAVE OK...
2. Kalo tampil IR Key: Prev....ini untuk setting penyesuaian fungsi remote ! Tekan aja tombol Prev dan ikuti terus sesuai yg ada di remote(kalo gak ada tekan Next) sampai keluar tulisan: VFD TYPE.
3. VFD TYPE adalah untuk penyesuaian tampilan perintah ke Display(Open/Close,Load,No Disc,Time Counter dll), kebetulan yg saya ganti mesin adalah DVD Merk Asatron Type DVD3820GA dgn tampilan LCD LED 7(7 OF 8 Screen-di buku ada contoh2nya), langsung tekan 10+ dan angka 8, trus tekan angka2 di remote dan perhatikan tampilan LCD Panel, kalo muncul Load berarti sudah pas benar...tekan Stop untuk Finish tunggu sampai ada tulisan SAVE OK....!
Kalo masih ada yg belum sesuai ulangi langkah 1 sampai 3 diatas !!!
Ok rekan2 semua, moga2 ada gunanya !

Konka-K1418C...Regulator Ancur !

langsung mati !
Saya cek trnyata banyak kerusakan, mulai dari Dioda Penyearah RU..., Opto coupler 817, V904-V914(A1015), VD915(4148).
Setelah smua komponen tsb saya ganti, steker saya tancepkan lagi Regulator jadi diam dan Output B+ tidak keluar ! Saya cek lagi, Power FET(P7NB60) tidak rusak...wah ini jadi agak sedikit mikir, saya coba ganti IC Driver Powernya yaitu N301(TDA4605) !
Selanjutnya saya tancepkan lagi, dan...led Standby nyala merah ! Saya ukur semua tagangan VCC ok semua, Oscilator Hor. ada, dan tak sambung lagi setelah sebelumnya saya lepas dulu.....Byaaaaar, Tv langsung nyala normal ! Sorenya Tv diambil dan dapat bayaran, trus skarang aku mo brangkat nyari Kopi anget.........pingin ikut , ya monggo !