BAB I
PENDAHULUAN
Mesin
pendingin adalah mesin yang digunakan untuk membuat makanan/ bahan
makanan dalam keadaan dingin dan atau beku. Makanan bisa bertahan lama,
karena dalam keadaan dingin/beku akan menghambat/menghentikan aktivitas
bakteri. Karena kemampuannya itu, mesin pendingin, yaitu kulkas dan
freezer banyak digunakan di lingkungan rumah tangga dan industri.
Dalam rumah tangga peralatan seperti kulkas sangat diperlukan
untuk penyimpanan dan pengawetan bahan bahan untuk rumah tangga,
seperti sayur, sambal , lauk pauk bahkan nasi supaya bahan tersebut
tidak basi, sehingga tidak bisa dipakai. Tidak hanya cakupan penggunaan kulkas pada rumah tangga saja, tapi banyak juga dipakai pada toko es, bahkan pada kantor kantor.
Lemari
es atau kulkas dalam arti yang sempit diartikan sebagai alat pendingin
bahan bahan makanan, tapi dalam pendinginan tersebut tidak hanya
langsung bisa mendinginkan suatu bahan bahan makanan saja, tapi melalui
tahap atau proses proses yang panjang dan
berlangsung secara kontiniu atau secara berkelanjutan. Dalam proses
yang berkelnjutan tersebut tentu ada yang mengalami kendala kendala
yang kecil dan bahkan bahkan kendala itu bisa mengakibatkan lemari es
tidak berfungsi dengan baik atau tidak dingin.
Dalam
makalah ini akan dibahas tentang kemungkinan kerusakan dan cara
perbaikan dari lemari es tersebut. Suatu kerusakan itu tentu mengalami
penyebab dan penyebab itu apakah bisa diatasi dan bahkan harus diganti
dengan yang baru,dan yang paling penting dalam menangani kerusakan
dalam lemari es atau kulkas adalah tidak dinginnya kulkas tersebut.
Untik mengetahui kenapa lemari es ini tidak dingin di makalah ini akan
dicoba membahas tentang kenapa kulkas itu tidak dingin.
BAB II
PEMBAHASAN
KEMUNGKINAN KERUSAKAN DAN CARA PERBAIKAN PADA LEMARI ES/KULKAS
Bagian-bagian Utama Freezer Dan Fungsinya
Prinsip
kerja mesin ini menggunakan prinsip refrigerasi, yang dalam operasinya
memanfaatkan proses penguapan suatu cairan yang disebut refrigerant
untuk menyerap panas. Prinsip pendinginan yang diterapkan seperti
halnya bila kita oleskan air ke kulit akan kita rasakan perasaan
dingin. Rasa dingin ini terjadi karena terjadi penyerapan panas oleh
air yang sedang menguap. Sama halnya yang terjadi bila kita oleskan
alkohol pada tubuh kita.
Siklus Refrigerasi
Seperti
yang telah dijelaskan di atas, bahwa cairan yang digunakan sebagai
refrigerant adalah bahan-bahan yang mempunyai titik didih/penguapan
yang sangat rendah. Misalnya amonia murni, freon (CFC). Misalnya
amonia, bahan ini akan menguap pada suhu - 32ºC (- 27ºF). Kondisi
inilah yang membuat suhu dalam ruang pendingin kulkas/freezer menjadi
sangat dingin. Bahan yang digunakan untuk proses pendinginan secara
umum disebut refrigerant.
Kerusakan yang mungkin terjadi
Kerusakan
yg sering terjadi adalah lemari es tidak bisa menjalankan sistem
nofrost, kebocoran freon dalam sistem, compressor tidak dapat
start/macet. pada lemari es dua pintu atau lebih ada yg menggunakan
defrost timer manual(menggunakan defrost timer dengan 4 kaki terminal).
Dua kaki terminal no 1 dan 3 dihubungkan dengan power supply, no 2 dan
4 dihubungkan pada heater/pemanas dan compressor.Dan ada yg menggunakan
defrost timer elektonik/pcb, biasanya type defrost timer ini berada
pada lemari es tiga pintu atau empat pintu. Keberadaan defrost timer
pada lemari es berbeda-beda, ada yg terletak dibelakang lemari es dekat
dengan fan motor, ada yg terletak pada samping kiri dekat compressor
dan ada yg berada pada bagian sisi atas lemari es.
Komponen listrik yg berada pada lemari es dua pintu adalah
1. Compressor.
2. Relay compressor, posisinya berada pada terminal compressor.
3. Overload compressor, posisinya berada pada terminal compressor.
4. Starting dan runing capasitor.
5. Thermostat, posisinya berada dibagian dalam pintu atas/bagian frezzer.
6. Fan motor, posisinya berada dibagian dalam pintu atas/bagian frezzer.
7. Defrost timer.
8. Defrost thermostat, posisinya berada dibagian dalam pintu atas menempel pada evaporator.
9. Thermofuse, posisinya berada dibagian dalam pintu atas menempel pada evaporator.
10. Heater/pemanas pada body dibelakang pintu atas.
11. Heater/pemanas pada lubang salurang pembuangan air.
12. Heater/pemanas pada evaporator, posisinya berada dibagian dalam pintu atas menempel pada evaporator.
13. Switch fan motor yang posisinya berada dibagian dalam atas dibelakang pintu atas.
14. Switch lampu yang posisinya berada dibagian dalam bawah dibelakang pintu bawah.
Kerusakan pada lemari es dua pintu atau lebih, kerusakannya sama seperti lemari es satu pintu.Lemari es tidak dingin sama sekali
· check apakah steker pada stop kontak sudah terpasang dengan benar.
· check
dengan melihat lampu dalam lemari es, apakah menyala, jika tidak
menyala periksa swith lampu. jika switch kondisinya bagus berarti
lemari es tidak mendapatkan power suplly listrik.
· check
fan motor, buka pintu bagian atas sambil menekan switch fan motor
dengan jari anda. apa ada hembusan angin, jika ada fan motor dalam
kondisi normal.
jika tidak ada hembusan angin, check apakah defrost timer sedang dalam kondisi defrost. selama proses defrost, compressor dan fan motor tidak akan mendapatkan aliran listrik.
check juga fan motor apakah tidak dapat berputar/macet lumasi dengan olie jika macet.
jika tidak ada hembusan angin, check apakah defrost timer sedang dalam kondisi defrost. selama proses defrost, compressor dan fan motor tidak akan mendapatkan aliran listrik.
check juga fan motor apakah tidak dapat berputar/macet lumasi dengan olie jika macet.
· check
compressor beroperasi atau tidak? jika beroperasi, lihat pada bagian
pipa-pipa disekitar compressor apakah ada kebocoran freon.
· jika ada rembesan oli disekitar compressor, berarti ada kebocoran freon.
lakukan perbaikan dengan mengelas pipa-pipa yg bocor, setelah tidak ada kebocoran pasang pentil pengisian freon, tambahkan oli compressor, lakukan vakum kemudian isi dengan freon sampai jarum tekanan pada manifold warna biru menunjukan angka 15-20 psi.
lakukan perbaikan dengan mengelas pipa-pipa yg bocor, setelah tidak ada kebocoran pasang pentil pengisian freon, tambahkan oli compressor, lakukan vakum kemudian isi dengan freon sampai jarum tekanan pada manifold warna biru menunjukan angka 15-20 psi.
· check tekanan yg dihasilkan oleh compressor apa mampu memberikan tekanan sampai 250 psi.
jika compressor tidak beroperasi.
jika compressor tidak beroperasi.
· check relay compressor apakah berfungsi dengan baik.
· check starting capasitor bila compressor menggunakannya.
· check overload compressor.
· check apa kabel yg menuju compressor terputus karena digigit oleh tikus.
· check defrost timer, apa mengalirkan listrik ke bagian compressor.
` Relay yg banyak dipergunakan pada compressor lemari es pintu 2 adalah relay yg berisi dengan 2 bimetal
yg menjepit lingkaran mika yg berbentuk seperti uang logam.pada relay
ini kerusakan yg terjadi adalah bimetal didalam relay aus atau terbakar
sehingga tidak dapat menenpel pada mica.Kerusakan lain pada relay
adalah mica didalam relay pecah atau retak.
Check
starting capasitor dengan multitester pada posisi skala ohm x 1000
tempelkan probe tester dengan kaki-kaki yg berada pada capasitor jika
jarum multitester bergerak kekanan lalu kembali lagi kekiri, berarti
capasitor berkondisi baik.cara mengecek overload compressor adalah
dengan multitester pada posisi skala ohm x 1 jika jarum multitester
bergerak/ada tahanan berarti overload dalam kondisi baik.
Cara
mengecek defrost timer adalah putar knop yg berwarna coklat searah
jarum jam mendekati waktu defrost atau mendekati waktu start compressor
lalu aliri listrik kaki no 1 dan 3 lalu tunggu lebih kurang 15
menit.apa terdengar bunyi perpindahan bimetal pada defrost timer dari
compressor ke heater atau dari heater ke compressor.Jika defrost timer
dapat memindahkan aliran listrik yg berada pada bimetal ke compressor
atau sebaliknya, berarti defrost timer dalam kondisi baik.
Perawatan kulkas dan freezer
Seperti
yang Anda ketahui bahwa permasalahan utama dari mesin pendingin adalah
ketidakmampuan alat ini dalam mendinginkan ruang pendinginnya. Ada
beberapa hal yang perlu diperiksa bila alat ini tidak beroperasi dengan
baik.
1. Kondisi kompresor.
Bila
kompresor tidak berjalan dengan baik maka kompresor tidak mampu
mensirkulasikan refrigerant ke seluruh sistem pipa kulkas / freezer
sebagaimana mestinya.Tidak ada sirkulasi refrigerant berarti tidak
terjadi efek pendinginan. Bila ini terjadi maka tidak ada pilihan lain
kecuali harus mengganti kompresornya. Bila kompresor beroperasi dengan
baik maka perlu dilanjutkan pada langkah berikutnya.
2. Periksa kondisi refrigerantnya.
Walaupun
kompresor dalam keadaan baik, kalau refrigerantnya tidak mencukupi maka
pendinginannya akan kurang atau tidak ada sama sekali. Bila terjadi
kekurangan refrigerant maka perlu segera diisi kembali (pemeriksaan dan
pengisian harus menggunakan alat pengisian). Untuk pengisian ulang,
menggunakan dasar tekanan dab suhu. Tekanan dan suhu tergantung dari
jenis refrigantnya. Kalau tekanan dan suhu tetap berarti sudah penuh.
3.
Bila kompresor dan refrigerant dalam kondisi normal namun alat belum
dingin, maka perlu diperiksa kumparan pipa kondensor. Bila suhu pipa
kondensor tetap dingin atau sama dengan suhu lingkungan maka terjadi
penyumbatan pada pipa sehingga sirkulasi refrigerant tidak berjalan
dengan baik atau terjadi kerusakan pada katup ekspansinya.
4.
Periksa katup ekspansinya terlebih dahulu, dan bila kondisinya baik
maka baru dilakukan terhadap penyumbatan yang terjadi pada pipa
salurannya. Bila tidak dapat dilakukan perbaikan maka perlu penggantian
pipa salurannya.
5.
Bila pendinginan tidak terdistribusi seperti yang diharapkan perlu
pemeriksaan terhadap blower dan saluran-saluran ventilasinya.
Pemeriksaan dan pelaporan hasil pekerjaan
Setelah dilakukan perawatan perlu dilakukan pemeriksaan atas kerja tersebut. Kondisi-kondisi yang perlu diperiksa antara lain:
1. Suara kompresor harus tetap halus (normal). Bila ada suara-suara yang aneh menunjukkan kerja kompresor masih belum bagus.
2.
Kemampuan pendinginannya. Kemampuan pendinginan mesin dapat dirasakan
beberapa saat setelah mesin dihidupkan. Pengecekan dapat dilakukan pada
ruang pendingin dan ruang freezer. Bila ada efek pendinginan
menunjukkan bahwa mesin berjalan dengan baik. Pemeriksaan tidak cukup
sampai di sini, namun harus dilakukan dalam waktu yang lebih lama,
kurang lebih satu jam, untuk mengetahui kemampuan pendinginan secara
paripurna sehingga dapat diketahui kemampuan pembekuannya pada bagian
freezernya.
3. Untuk mesin-mesin pendingin besar biasanya dilengkapi dengan indikator suhu.
4.
Untuk mengetahui kerja tidaknya kontrol suhu, Anda lakukan pengesetan
pada saklar termostatnya. Bila suhu mencapai harga presetnya mesin akan
mati sendiri. Demikan pula ketika suhu ruang pendingin di atas harga
presetnya mesin akan hidup kembali. Kontrol suhu sangat penting untuk
penghematan energi. Setelah dilakukan perawatan, dan pemeriksaan
kinerjanya, perlu ada catatan tentang jenis kerusakan, bagianbagian/
komponen-komponen yang diperbaiki dan diganti serta catatan tentang
performa mesin pasca perawatan.
DAFTAR PUSTAKA
James priyono.2008.” kerusakan-pada-lemari-es-dua-pintu”. (Online) (http://james priyono.blogspot.com) diakses 16 maret 2011.
Dunia-listrik.2010.”analisa system tenaga listrik”.(Online).( HaGe - http://dunia-listrik.blogspot.com) diakses 16 maret 2011.
sumardjati, prih. 2008. Teknik pemanfaatan tenaga listrik. Jakarta:Departemen pendidikan nasional.
mat pagi pak pri lam kenal , saya ada masalah dgn kulkas saya , dah 2 hari ini kulkas saya kayanya rusak dech,permasalahanya :
ReplyDelete1. jika pintu ulkas di buka lampu interior tidak nyala
2. jika di hubungkan ke listrik body kulkas kanan dan kiri terasa sangat panas
trima kasih , mohon solusinya
ganti lampu gan, kulkas hangat... itu normal
Deleteklo panas skali.... kayak mua bikin kopi... it2 buntu
Pak mau nanya kulkas samsung 2 pintu menggunakan modul mati total kira2 apanya pak
Delete