Selasa, 11 Juni 2013

MEMBUAT BOOSTER UNTUK TV, ANTENA PRAKTIS GANTUNGAN BAJU & TUTUP PANCI

Anda tinggal di tempat yang penerimaan televisi nya sangat buruk, misalnya di pedesaan atau walau pun anda tinggal di perkotaan bisa jadi anda kesulitan menangkap penerimaan siaran televisi hal ini biasanya karena lokasi kota anda jauh dari stasiun pemancar televisi atau sebab lainya karena berada di lembah atau terhalang oleh pegunungan. Untuk yang tinggal di kota besar seperti Jakarta misalnya nggak memerlukan Booster karena dengan memasang antenna luar dengan ketinggian 5 meter saja sudah mendapatkan 14 stasiun televisi swasta.
Biasanya jika anda mengalami hal ini yaitu penerimaan siaran televisi yang lemah solusinya adalah dengan meninggikan antena luar sehingga bisa mendapatkan penerimaan yang lebih baik, tapi harap berhati hati jika antena luar terlalu tinggi akan membahayakan, waktu musim hujan karena biasanya akan menjadi incaran petir dan jika ada angin kencang juga bisa tumbang menimpa rumah tetangga . Lain lagi ceritanya jika anda mempunyai uang berlebih anda tinggal pasang antena parabola, atau berlangganan TV Kabel . Hal ini nggak usah di bahas lebih jauh karena topik bahasan kita adalah hal yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya dan bangga dengan hasil karya sendiri .
Kita lanjutkan bahasan kita, mengingat hal itu maka pasanglah antena luar dengan ketinggian yang sedang saja sehingga aman dan tambahkan Rangkaian Booster UHF berikut ini untuk memperkuat penerimaan siaran televisi .
Daftar Komponen:
R1,R3,R4,R5 = 1K
R2,R6 = 150 OHM
C1 = 10PF
C2,C3,C4,C5,C7,C8,C9 = 1000 PF
C6 = 100 PF
D1,D2 = DIODA ZENER 6 V
Q1, Q2 = 2SC 2026
L1,L2 = Diameter kawat 0.8 mm. Koker 5 mm (dengan inti udara) 1- 1.5 lilitan
Semua resistor ¼ watt toleransi 5 %.
Input berasal dari antena luar dan output di sambungkan ke penerima televisi.

Agar boster ini berkerja dengan baik gunakan power suplay seperti dibawah ini :

Daftar komponen power supply untuk booster UHF:
R1,R2 = 1K
R3 = 47 Ohm
R4,R5 = 10 K
VR = 10 K
C1 = 1000 Uf 25 v
C2 = 100 Uf 25v
D1,D2 = 1N4001
D3 = ZENER 3 V
Q1 = C1061
Q2 = C828
TRAFO = 500 mA 12 V
Komponen VR berfungsi untuk mengatur tegangan output dari Power Suply sekaligus
juga akan mengatur Gain dari Rangkaian Booster TV UHF
Sumber : http://lowoijo2.blogspot.com/2009/08/membuat-booster-uhf-untuk-televisi.html
=====================================================
ANTENA TV DARURAT DENGAN GANTUNGAN BAJU







http://youtu.be/c26FTeArau4
=====================================================
ANTENA TUTUP PANCI

Suatu cara yang unik dan praktis serta hemat biaya dengan
hasil yang maksimal bagus dengan bikinan sendiri,penuh
kreatifitas.
Ebook ini hanya untuk kalian semua yang bingung karena gak
ada uang untuk beli antena tv uhf,mungkin karena lagi bokek
atau harga antena di toko sekarang 2 kali lipat dengan harga
dulu.
Antena ini saya bikin karena untuk membantu anda yang
membutuhkan.hitung-hitung ini bulan ramadan berbuat
kebaikan adalah ibadah.
Antena ini saya buat karena antena uhf saya rontok semua
karena terkena angin sehingga robohmungkin karena
penyangganya dari bambu dan udah usang.
Saya coba ganti bambu penyangganya yang baru hasilnya
ternyata tv hasilnya buruk banget dan banyak semutnya
berkeliaran di tv siapa yang gak jengkel coba….heee…
Saya coba rakit antena yang biayanya hampir gratis yaitu dari
tutup panci dan plat nomor sepedamotor bekas itu sajamodal
utamanya.
Di sini saya ajarkan cara buatnya:
Bahan-bahan:
1.tutup panci bekas dengan diameter sekitar 33cm
2.Plat nomor sepedamotor yang gak terpakai
3.Solasi plastik yang hitam
4.Almunium / Tembaga silinder 20 cm
5.Kayu reng 1m
6.Paku kecil
Setelah semua siap baru kita kerjakan ….amati gambar berikut!
Potonglah plat nomor dengan ukuran sebagai berikut:
Plat nomor anda bagi 2 dulu pada tengahnya lalu gunting sesuai gambar dan
ukuran!setelah selesai langsung pada langkah berikutnya….
potong kayu reng 8 cm untuk tengah
penyangga drifer yang berbentuk kupu kupu.
Langkah selanjutnya yaitu
potong kayu lagi untuk memasang pipa
alumunium.alumunium yang 20 cm tadi di potong jadi 2 terus ikat pakai solasi hitam
dengan jarak 5cm.dan siap susun…..!
2cm
Jarak tengah driver
Kabel bisa anda pasang pada ke dua driver sesuka anda yang penting tidak
bersentuhan.bila bersentuhan bisa konseting.
Semoga cara pembuatan antena ini berhasil,karena saya sendiri
sudah membuktikanya.dan saran saya untuk lebih bagus gunakan
boster yang baik.
Antena ini daya terimanya lebih bagus dari pada antena pf ataupun
antena uhf pada toko.karena bisa menyerap sinyal seperti parabola.
Cara pembuatan secara detail downloads via ziddu di : http://www.ziddu.com/download/16780682/carabuatantenauhfcafemenix.pdf.html
Atau Download melalui 4Shared di http://www.4shared.com/document/0OVr-J6Y/carabuatantenauhfcafemenix.html
MODIF PF INDOOR DENGAN TUTUP PANCI


Ternyata PF Indoor atau antena TV dalam rumah juga bisa di modifikasi dengan menambahkan tutup panci pada bagian belakang antena atau reflektor dan saya coba sendiri dengan hasil stasiun yg agak banyak semut atau buram dapat berubah menjadi lebih baik setelah memakai reflektor tutup panci ini, seperti foto dibawah ini walaupun masih darurat dengan menghubungkan PF antena dan Tutup panci dengan menggunakan kabel batang yg terbungkus dan bagian belakang tutup panci saya tahan dengan tissue agar posisinya tak berubah.

MODIF PF ANTENA OUTDOR DENGAN PLAT NOMOR MOTOR DAN KASA ALMUNIUM
ant_plat_nomer_19032013_165024
Foto kiriman Kang Asep ini sangat baik dalam penerimaan siaran hampir semua stasiun lokan diterima bersih dan jelas dan tentunya email ini aku terima dari kang asep disertai foto2 semua canel tv lokal. Silahkan di coba mudah2an berhasil lebih baik dari yg dibayangkan.
AMTEMA TV INDOOR SEDERHANA
Antena-TV-Sederhana
Membuat atau bikin sendiri antena tv indoor sebenarnya tidaklah sulit cukup dengan menggunakan bahan-bahan bekas saja memang hasilnya tidak semaksimal buatan pabrik apalagi dari bentuknya. Seperti kita ketahui antena TV ada yang Outdor dan ada juga yang indor dimana penempatan kedua jenis antena ini sangatlah jelas.
Antena TV outdor ditempatkan diluar rumah dan biasanya membutuhkan ketinggian yang cukup agar antena benar-benar dapat menangkap siyal yang dipancarkan dari stasiun relay. sedangkan untuk antena indor biasanya ditempatkan didalam rumah dan tidak jauh dari perangkat TV, antena indor biasanya banyak digunakan didaerah perkotaan atau dekat dengan stasiun pancar ulang / relay.
Umumnya Frekuensi TV bekerja di VHF dan UHF nah antena indor yang akan dibuat kali ini untuk UHF terus terang saja siaran yang bagus-bagus banyak di UHF seperti INDOSIAR,RCTI,SCTV, GLOBALTV,ANTV,TVONE,TRANSTV,TRANS7. sedangkan VHF seperti TVRI.
Alat dan Bahan-bahannya, wah kayak menu masakan aja yak wkwkwk
1. Alumunium Bekas dari Plat Motor
2. Pipa Bekas
3. Kawat Jemuran
4. Kaleng Bekas
5. Kabel Coaxial 75 Ohm
6. Konektor RF untuk ke jack antena TV
7. Gergaji Besi
8. Baut Scrup
9. Palu
10. Obeng
Cara merangkaianya, sebelum merangkai ada baiknya lihat ulang penampakan antena indornya.
Setelah bahan-bahan yang diperlukan ada, potong pipa sesuai keinginan anda, dan potong pipa kira 8cm untuk kedudukan plat sekaligus untuk menyambungkan kabel coaxialnya, setelah pipa 8cm tadi selesai dipotong pasang plat satu dan satunyalagi dan beri jarak antara kedua itu kira-kira 1.5cm, dan bagian tengah pipa itu berikan baut skrup atau lem ke pipa penyangga,
Dari Gambar cara Buat Antena TV Indor Sendiri terlihat, yang berfungsi sebagai antenanya adalah plat alumunium yang awalnya dari plat motor, sebelum menempatkanya potonglah plat motor tersebut dengan ukuran yang sama panjangnya kira 12 cm, ada baiknya ketok terlebih dahulu plat motor tesebut biar angka-angkaya rata, “kalau kelihatan bisa kena tilang lho .. .. .. . . . . . .”, yup gunakan bekas plat yang gak dipake ya sob..
Potong kawat jemuran 4a sepanjang 27 cm, Kawat 4b sepanjang 17 cm, dan 4C sepanjang 11 cm, pasang seperti gambar tempatkan dipipa penyanggahnya, jarak antara kawat 4a dengan tengah bagian plat tadi kira-kira 3 cm dan begitu juga jarak kawat 4b kira-kira 3 cm, sedangkan jarak antara kawat 4b dengan 4c kira-kira 4 cm.
untuk kabel coaxialnya jangan terlalu panjang secukupnya saja sebaiknya kurang dari 1 Meter, kalau kepanjangan fungsi antena berkurang karena sinyal yang diperoleh tidak begitu kuat dan tidak ada penambahan penguat seperti boster memungkinkan sinyalnya akan habis dikabel,
ini ada beberapa hasil dari antena tv indor yang terbuat dari barang bekas, ya lumayan baguslah hasilnya saat digunakan pada tv cukup bersih berikut beberapa hasil yang saya abadikan saat saya coba dengan laptop memang gambar tidak sebersih di tv tapi yang cukup ok,
antena tv indor buatan sendiri dari bahan-bahan bekas yang digunakan, selamat mencoba
ANTENA WIFI ATAU PENGUAT SINYAL MODEM USB DENGAN TUTUP PANCI
PENGUAT SINYAL MODEM ATAU WIFI TUTUP PANCI
INFO LEBIH LANJUT BISA KAMU KUNJUNGI :http://www.bang-jefri.com/2012/05/buat-antena-tv-indor-sendiri.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar