Monday 24 June 2013

Lagi!!!! Short pin G2 dan G1 CRT

Beberapa hari yang lalu,saya dapat lagi TV LG Flatron type 21FB7RG,milik ibu Minem/bpk.Darmo kelurahan Mangge,Barat,Magetan.Dengan kerusakan suara tv normal tapi layar gelap tak ada gambar maupun raster sama sekali.Kasus ini pernah saya alami bulan januari kemarin,dan kini dapet lagi dengan kasus yang sama yaitu tv bekerja normal,suara juga normal,heater juga menyala,hanya gambar tidak ada,walaupun pengaturan SCREEN pada flyback sudah maksimum,layar masih tetap gelap gulita.Bila soket RGB CRT dalam keadaan terpasang ke CRT,tegangan pada pin G2 di soket CRT terukur 0 volt,tetapi bila soket RGB CRT dilepas dari CRT,tegangan pada pin G2 di soket CRT terukur 80 volt,penggantian FBT untuk kasus ini belum tentu menyelesaikan masalah,oleh karena itu saya tidak akan terkecoh lagi he he he.Pada kasus short G2 dengan G1 kali ini terbilang berat,karena meskipun metode yang biasa saya gunakan saya praktekan berulang-ulang,tetap tak ada reaksi apapun dari CRT.Akhirnya saya pakai metode yang biasa saya gunakan untuk mengatasi short CATODA dengan G1,yaitu memberi tegangan tinggi sesaat pada pin G2,dengan cara ambil seutas kabel yang di kedua ujungnya sudah di beri jepit buaya untuk memudahkan pengerjaan,kemudian tarik/lepaskan soket RGB CRT dari CRT dan jepitkan salah satu ujung kabel ke pin G2 dan ujung kabel yang satunya lagi ke ujung obeng minus,lalu selipkan ujung obeng tersebut ke dalam kop/tudung anoda flyback,kemudian hidupkan tv sekejap saja(kira-kira 1 sampai 2 detik saja).Sepintas ada suara CRRRRTTTT.....dari CRT,lalu pasang lagi soket RGB CRT ke CRT dan hidupkan tv untuk melihat reaksinya,dan YESSS....BERHASIL,tv pun sudah normal kembali,bagi anda yang pemula saya tidak menyarankan metode ini karena terlalu berbahaya bagi keselamatan anda,OKE SELAMAT BEKERJA.

No comments:

Post a Comment