Monday 24 June 2013

TV polytron mati total standby

Cara perbaiki tv untuk tv politron sering sekali saya mendapatkan  tv politron dengan kerusakan mati standby . setelah saya periksa  komponen dan rangkaian nya baik tapi tidak mau hidup .  lalu saya periksa tegangan yang menuju ke oscillator horizontal ternyata  setelah di on tv tersebut  biasa  sekitar 6 sampai 7 volt  tapi ini malah  turun sampai 4volt ya…. Jadi tidak bisa hidup sebab kurang dari 6 volt  mungkin juga arusnya kurang dari semestinya .
Bagaimana cara mengakalinya ….? Elconya saya sudah ganti tapi belum juga naik tegangan nya . lalu saya ambil saja IC  8 volt yaitu 7808  ,  lalu saya ambil kaki input IC tersebut saya hubungkan  ke power suply tegangan  12 volt atau lebih dan kaki output nya saya hubungkan kekaki IC oscillator horizontal ( hor vcc ) yang sebelumnya  sudah saya putuskan  jalurnya  .
Terus saya on kan lagi tv tersebut ternyata tegangan yang ada sekarang tetap tidak turun  sekitar 6 sampai 7 volt . maka hiduplah tv tersebut  .
Ini lah pengalaman  saya  untuk servis tv politron yang sering saya  dapatkan  kerusakan  tv politron  mati stanby .
Adakah pengalaman anda…… ? tulis dikolom komentar . untuk lebih lengkapnya lihat juga websiteku di servisetv.com

2 comments:

  1. halo mas . . .mp mas q butuh bantuan nih, tv q buat masalah, pada saat menekan tombol power tv nyala, sekitar 5 menit trus mati lagi, tapi di bawah layar terdapat lampu yang nyala yaitu lampu stenbay. jadi gimana mas cara mengatasi agar tv q kembali normal lagi . . .trima kasih.

    ReplyDelete
  2. Maaf cuma hanya berbagi buat @meisya coba buka tutup belakangnya, terus cek bagin pcb kalo ada yg retak coba sordel ulang, begitu pengalaman sy kemarin sama persis pertanyaan @mei sya

    ReplyDelete