Friday 8 January 2016

Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt

Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt

Home , at 4/13/2013 , has 79 komentar
DIVAIZZ - Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi atau akan membahas serta mengulas tentang rangkaian inverter, inverter bisa juga di sebut sebagai penaik tegangan salah satunya penaik tegangan dari DC volt menjadi tegangan AC volt.


Dan yang akan saya bahas ini adalah skema rangkaian merubah tegangan DC 12 volt ke tegangan AC 230 volt, tegangan DC 12 volt ini bisa berasal dari accu / aki atau juga bisa dari baterai, skema serta bahan inverter ini cukuplah sederhana namun inverter ini memiliki kegunaan yang cukup penting.


divaizz.blogspot.com


Andaikan saja di rumah kita lagi terjadi pemadaman listrik oleh PLN maka inverter ini bisa kita jadikan alternatif cadangan pengganti listrik PLN, cara membuatnya pun tidaklah sulit dan dengan biaya yang terjangkau. Apabila anda ingin merakit / membuat inverter ini berikut daftar komponen yang harus di persiapkan :

  • 1 buah trafo CT 1 Ampere- 2 Ampere
  • 2 buah Transistor NPN 2n3055 ( jengkol ) + pendingin
  • 2 Buah resistror 690 ohm 1,5 watt


Berikut skema inverter 12 VDC ke 230 VAC :



HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM




Dari skema di atas output / keluarnya tegangan AC adalah 230 volt 300 watt apabila ingin meningkatkan volt dan watt nya maka tambah transistor serta gunakan trafo yang ampernya besar.



Mungkin kita susah mendapatkan resistor dengan ukuran 690 Ohm di pasaran / di toko elektronik maka kita bisa menggantinya dengan ukuran 2k2 Ohm / 2200 Ohm 3 buah dan disambung secara paralel, untuk 2 buah resistor 690 Ohm maka resistor 2k2 Ohm yang di perlukan 6 buah, cara paralel resistor lihat gambar di bawah :



http://divaizz.blogspot.com



Hati-hati dalam mengerjakan atau dalam mencoba rangkaian di atas di karenakan output nya adalah tegangan tinggi jangan sampai kita menyentuh bagian output / keluar tegangan tersebut. Demikian Skema Inverter atau Rangkaian Merubah Tegangan DC 12 volt Menjadi AC 230 volt semoga bermanfaat.
Sumber http://www.divaizz.com/2013/04/skema-inverter-atau-rangkaian-merubah.html

No comments:

Post a Comment